Kesehatan

Tak Hanya untuk Mata, Ini Manfaat Lain Wortel

Senin, 09 Januari 2017 - 03:17 | 28.08k
ILUSTRASI. Manfaat konsumsi wortel untuk kesehatan. (Foto: healthyfoodspirit.com)
ILUSTRASI. Manfaat konsumsi wortel untuk kesehatan. (Foto: healthyfoodspirit.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Manfaat wortel untuk kesehatan mata sudah tidak perlu diragukan lagi. Namun tahukah Anda jika wortel memiliki banyak manfaat selain untuk penglihatan. Berikut manfaat wortel untuk kesehatan, selain kesehatan mata.

1. Mengurangi Risiko Kanker Payudara
Penelitian yang dilakukan di Universitas Harvard, Amerika Serikat menyebutkan bahwa mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak karotin setiap hari dapat mengurangi resiko kanker payudara. Hasil penelitian tersebut, seseorang yang makan makanan yang kaya karotin, seperti wortel, dua kali setiap harinya dapat menurunkan resiko kanker sebesar 17 persen.

2. Menjaga Tekanan Darah
Konsumsi wortel membantu menjaga tekanan darah. Apabila dikonsumsi secara teratur, tekanan darah akan tetap stabil. Untuk menurunkan tekanan darah, cobalah dengan minum jus wortel.

3. Turunkan Kolesterol
Sebuah penelitian di Harvard University mengungkapkan bahwa seseorang yang sedikitnya memakan wortel 6 buah dalam satu minggu dapat menurunkan resiko kolesterol dari pada yang hanya mengkonsumsi 1 buah saja sebulan.

4. Menyehatkan Kulit
Vitamin A pada wortel dapat membuat kulit lebih bercahaya. Seperti diketahui, kekurangan vitamin A bisa menyebabkan kekeringan pada kulit. Wortel dapat menutrisi kulit dan juga membantu mencegah keriput muncul lebih cepat

5. Meningkatkan Sistem Imun
Menggabungkan wortel dengan ketumbar ternyata mampu berikan manfaat lain. Menurut peneliti, sup wortel dan ketumbar dapat mempertahankan kekebalan tubuh, karena bisa menjauhkan Anda dari infeksi yang disebabkan virus.

6. Mencegah Risiko Penyakit Jantung
Kandungan karotenoid yang tinggi dalam wortel membantu mencegah kemungkinan terkena penyakit jantung. Konsumsilah wortel secara teratur jika Anda menginginkan jantung tetap sehat.  (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Siska Febrina
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES