Wisata

Berakhir Pekan Asyik Keliling Kota Naik Bus Wisata

Minggu, 08 Januari 2017 - 10:05 | 113.91k
Bus Wisata yang ada di Malang. (Foto: istimewa)
Bus Wisata yang ada di Malang. (Foto: istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ada banyak cara menghabiskan akhir pekan bersama keluarga. Sekadar jalan-jalan di mall atau bercengkrama dia cafe bahkan piknik ke tempat wisata sudah biasa dilakoni kebanyakan dari Anda. 

Bagaimana jika keliling kota menggunakan bus wisata? Ya, ini akan menjadi pengalaman baru bagi Anda sekeluarga.

Di Indonesia baru ada 6 kota yang menyediakan bus wisata. Kota mana saja itu?

1. Malang 

Di Kota Malang ada Bus Malang City Tour yang mempunyai kapasitas 40 penumpang dan beroperasi 3 kali dalam sehari dan setiap hari berangkat mulai pukul 09.00 hingga 12.00.  Khusus hari Minggu bus Malang City Tour beroperasi pukul 09.30 karena menunggu acara car free day hingga selesai.

bus-malangbjMxr.jpg

Foto: amazing malang

Rute yang akan dilewati bus Malang City Tour dimulai start dari Balai Kota Malang menuju Alun-Alun Merdeka, selanjutnya melewati Jalan Kawi, Jalan Ijen, dan putar balik di Simpang Balapan, dari Simpang Balapan bus akan kembali lagi ke Balai Kota Malang. Bagi Anda yang berkeinginan menjajal naik bus Malang City Tour dapat naik dari Tugu Malang tepat di depan kantor DPRD Kota Malang sebelum jam 09.00. 

Perlu diketahui bus Malang City Tour tidak menaikkan penumpang di tengah jalan, jadi satu-satunya shelter hanya berada di depan gedung Dewan Kota Malang. Naik bus ini tidak dikenakan biaya.

2. Bogor

Pada malam Tahun Baru 2017, Bus Uncal resmi diluncurkan Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto. Bus wisata ini bisa digunakan untuk umum mulai pekan depan dan rencananya bakalan beroperasi setiap Sabtu dan Minggu.

Bus-Tingkat-Wisata-di-Bogortravel-detikpgsfr.jpg

Foto: travel detik

Bus dengan kapasitas 25 tempat duduk ini, diharap dapat menambah kenyamanan turis yang mau berkeliling ke beberapa objek wisata Kota Bogor. Rute yang dilalui antara lain, Taman Air Mancur di Jalan Sudirman, Taman Heulang di Jalan Pemuda, Taman Sempur di Jalan Jalak Harupat, Taman Kencana di Jalan Salak, Tugu Kujang, Jalan Otista dengan tujuan akhir Balaikota Bogor.

Untuk kedepannya, jumlah bus akan ditambah dan begitu pula dengan rutenya. Sedangkan untuk naik bus ini, tak perlu membayar tiket alias gratis.

3. Jakarta

Sejak Februari 2014, bus wisata 'City Tour Jakarta' yang dikenal dengan sebutan Mpok Siti mulai hilir mudik di ibukota. Bus tingkat wisata itu dapat mengangkut hingga 60 penumpang.

bus-wisata--jakartaJakarta-Traveller-Media7umeg.jpg

Foto: jakarta travel media

Rutenya sendiri melewati sekitar Bundaran HI, Sarinah, Museum Nasional, Jalan Majapahit, kemudian Jalan Juanda dan berhenti di halte depan Santa Maria.

Kemudian perjalanan berlanjut ke depan Gedung Kesenian, Passer Baroe, Lapangan Banteng, Gereja Katedral, juga Masjid Istiqlal kemudian kembali ke MH Thamrin. Selama perjalanan memang tak ada pemandu wisatanya, namun tetap saja acara keliling kota naik bus ini cukup menyenangkan. Bus ini juga gratis.

4. Bandung

Kalau Jakarta punya Mpok Siti, Bandung punya Bandros alias Bandung Tour on Bus. Meskipun sempat berhenti beroperasi tahun lalu, kini  Bandros siap mengantar Anda keliling Kota Bandung. Bedanya, sekarang Bandros tidak menyediakan kursi di tingkat dua bus seperti dulu.

bus-wisata-bandung-serba-bandungQDMUp.jpg

Foto: serba bandung

Sekali keliling naik Bandros menghabiskan waktu sekitar 60 menit, tergantung dari kondisi kepadatan jalanan. Tempat-tempat yang dilewati adalah museum hingga bangunan-bangunan bersejarah di Kota Kembang ini.

5. Solo

Di Solo, ada bus tingkat wisata Werkudara yang berwarna merah. Bus Werkudara akan mengantar traveler melewati balaikota, pasar, sejumlah taman dan aneka objek menarik lainnya di Solo.

bus-wisata-soloAyo-Telusuri-IndonesiamuWd3YN.jpg

Foto: Ayo Telusuri Indonesiamu

Biaya naik bus ini sekitar Rp 20.000. Kalau ingin menaikinya bersama rombongan keluarga atau rekan kerja, bisa juga disewa khusus. Pemesanannya sebaiknya dilakukan sehari sebelum hari keberangkatan.

6. Surabaya

Mau menyusuri kawasan kota tua yang bersejarah di Surabaya, bisa naik bus wisata Surabaya Heritage Track. Bus tersebut adalah milik House of Sampoerna dan beroperasi setiap hari mulai pukul 09.00 WIB kecuali Senin.

bus-wisata-surabayaPanduan-Wisata-SurabayaAeCIu.jpg

Foto: Panduan Wisata Surabaya

Sekali berkeliling naik bus bisanya menghabiskan waktu sekitar 1 hingga 1,5 jam. Namun saat akhir pekan, durasinya lebih lama yaitu 1,5 sampai 2 jam. Anda bisa naik bus ini dari House of Sampoerna dan nantinya akan diantar kembali ke titik awal tersebut. (*)

 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Sukmana
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES