Peristiwa Daerah Republik Netizen

Komisi III DPR RI Dukung Pencegahan Penyebaran Berita Hoax

Minggu, 08 Januari 2017 - 01:36 | 33.84k
Anggota Komisi III DPR RI, Moreno Soeprapto. (Foto: Senda H/TIMES Indonesia)
Anggota Komisi III DPR RI, Moreno Soeprapto. (Foto: Senda H/TIMES Indonesia)
FOKUS

Republik Netizen

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Anggota Komisi III DPR RI Moreno Suprapto mendukung deklarasi Koalisi Masyarakat Anti Hoax Malang Raya yang berlangsung yang Sabtu (7/1/2016) di Hotel Ijen Suites Resort and Convention Malang.

Moreno mengatakan disinformasi yang tersebar dalam berita hoax di media sosial memiliki potensi memecah belah keutuhan NKRI.

"Akibat permasalahan disinformasi yang terjadi bisa menyebabkan perpecahan di lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, dan keutuhan NKRI," kata mantan pembalap tanah air ini.

Menurutnya, untuk mencegah peredaran informasi tersebut, maka pemerintah dan masyarakat harus berperan aktif dalam melakukan literasi media dan informasi.

"Masyarakat harus cerdas memilih informasi yang beredar luas, jangan memilih informasi yang diragukan atau kemurniannya dipalsukan," katanya usai menjadi narasumber dalam diskusi publik Tsunami Informasi dalam Perspektif Hukum.

Selain itu, Moreno mengatakan deklarasi Koalisi Masyarakat Anti Hoax ini, nantinya akan mendorong masyarakat untuk terbiasa meliterasi media dengan mengecek sebuah berita dan tidak langsung menyebarkan begitu saja.

"Masyarakat harus cerdas dalam mengonsumsi informasi. Jangan menelan tanpa upaya check and recheck," terangnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES