Indonesia Positif

Muhammadiyah Gelar Pendidikan Karakter untuk Kepala Sekolah

Kamis, 05 Januari 2017 - 13:49 | 35.87k
Ustadz Daryono saat menyampaikan materi pada Seminar Penguatan Pendidikan Karakter di aula RM. Bale Apoeng Purbalingga, Rabu (4/1/2016). (Foto : Aris Pujianto/ ajp.TIMES Indonesia)
Ustadz Daryono saat menyampaikan materi pada Seminar Penguatan Pendidikan Karakter di aula RM. Bale Apoeng Purbalingga, Rabu (4/1/2016). (Foto : Aris Pujianto/ ajp.TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PURBALINGGA – Majlis Dikdasmen PDM Purbalingga, Jawa Tengah mengadakan seminar penguatan karakter bagi Kepala Sekolah/Madrasah Muhammadiyah se Kabupaten Purbalingga, Rabu (4/1/2017).

Kegiatan seminar ini diikuti 145 peserta, yang terdiri dari 72 Kepala SDM/MIM, 11 MTs Muh, 7 SMP Muh, 6 SMA/SMK dan ketua majlis dikdasmen PCM dan PDM.

Seminar ini menghadirkan pembicara Drs. H. Dody Prastowo yang menyampaikan tema Character Education Of Principal dan Daryono, S.Pd.I menyampaikan tema Brand Of School and Character Education dengan moderator Sodikin, S.Ag Kepala MTs Muhammadiyah 10 Purbalingga. Kegiatan ini dilaksanakan di aula Rumah Makan Bale Apoeng Purbalingga.

Dody Prastowo selaku pembicara pertama menyampaikan bahwa beliau baru saja mengikuti Pelatihan Penguatan Pendidikan Karakter mulai (30/11/2016) sampai dengan (6/12/2016) yang lalu bertempat di gedung P4TK Malang, Jawa Timur. 

Selanjutnya dikatakan bahwa karakter adalah pembinaan watak yang berpola dan berulang-ulang atau terus menerus. "Setelah menjadi kebiasaan dan menjadi budaya serta dapat dilaksanakan secara kontinue, maka itu sudah menjadi karakter," kata Dody.

Sementara itu pembicara kedua, Daryono bercerita tentang penanaman karakter di SD Muhammadiyah 1 Purbalingga (Musabangga). Pendidikan karakter yang dilakukan antara lain adalah 5S + J-TOS, menanamkan kedisiplinan dengan apel pagi, Program ngaji morning dan pembiasaan solat wajib dan sunah dhuha. 

"Siswa datang di pagi hari gembira, selama sekolah gembira sehingga akan mudah untuk menyerap ilmu pengetahuan dan mengikuti pembiasaan-pembiasaan dengan senang hati, besar harapan akan tertanam karakter di kemudian hari," imbuh Daryono. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES