Ekonomi

Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi, Sulut Jagokan Sektor Pariwisata

Jumat, 06 Januari 2017 - 10:36 | 36.51k
ILUSTRASI: Pantai adalah salah satu tempat pariwisata di Sulawesi Utara. (Foto: Dok. TIMES Indonesia)
ILUSTRASI: Pantai adalah salah satu tempat pariwisata di Sulawesi Utara. (Foto: Dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pertumbuhan ekonomi Sulawesi Utara tahun 2017 akan digenjot dari sektor pariwisata. 

"Kami masih sangat optimistis sektor pariwisata di Sulut akan memberikan dampak yang cukup besar pada perekonomian daerah," kata Kepala BI Perwakilan Sulut Soekowardojo di Manado.

Tren itu dikatakan Soekowardojo sebab kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Sulut yang mengalami peningkatan hingga 89,1 persen dibandingkan tahun 2015 sejak pertengahan tahun 2016. 

Hal tersebut menjadi salah satu indikator peran sektor pariwisata terhadap pertumbuhan ekonomi daerah.

Ia menilai, Sulut sangat cocok menjadi pintu masuk Indonesia karena berada di halaman luar yang berseberangan dengan Asia Pasifik.


"Daerah ini menjadi pintu gerbang masuknya wisman di Indonesia Timur," katanya.

Terlebih saat ini sarana dan prasarana di Sulut cukup memadai, seperti hotel, restoran dan sektor penunjang lainnya sehingga pariwisata semakin berada di depan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Peran sektor pariwisata juga tersebut tidak lepas dari sektor lainnya seperti pertanian, perkebunan, transportasi dan sebagainya, sehingga jika sektor ini berkembang otomatis semua sektor akan bergerak maju," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulut Moh Edy Mahmud mengatakan wisman yang datang ke Sulut didominasi oleh China.

Wisman yang datang didominasi oleh warga China sebanyak 2,914 orang (68,24 persen), diikuti oleh Singapura 178 orang (4,17 persen), Amerika Serikat 171 orang (4,00 persen), Jerman 168 Orang (3,93 persen).

Inggris 111 Orang (2,60 persen), Belanda 85 Orang (1,99 persen), Australia 62 Orang (1,45 persen), Prancis 62 Orang (1,45 persen), Malaysia 60 Orang (1,41 persen), Jepang 51 Orang (1,19 persen). (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES