Gaya Hidup

Tiga Tips Mengatur Keuangan di Awal Tahun

Jumat, 06 Januari 2017 - 00:29 | 43.75k
ILUSTRASI. Mengatur keuangan. (Foto: afrossip.com)
ILUSTRASI. Mengatur keuangan. (Foto: afrossip.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tahun baru bisa menjadi awal untuk menentukan langkah yang akan dijalani selama setahun ke depan. Jika Anda memutuskan untuk memperbaiki keuangan Anda, di awal tahun ini menjadi salah satu yang tepat. Berikut beberapa cara untuk mengatur ulang keuangan Anda, dikutip dari Young Parents.

1. Simpan 20 Persen Gaji Anda
Setelah menerima gaji bulanan, usahakan Anda menyisihkanya untuk tabungan. Seorang direktur dari perusahaan perencanaan, Keon Chee, meyarankan agar menyimpan 20 persen dari gaji Anda setiap bulan. Terus lakukan kebiasaan ini agar keuangan Anda selalu stabil, dan juga Anda tidak repot saat ada keperluan tak terduga.

2. Lunasi Utang
Jika Anda memiliki penghasilan yang cenderung "mepet", hal yang harus Anda lakukan setiap selesai menerima gaji adalah membayar utang yang Anda miliki. Bahkan jika Anda mampu melunasi utang tersebut, segera lunasi semuanya. Dengan mendahulukan pembayaran utang, Anda bisa mengatur sisa keuangan Anda untuk keperluan yang lainnya.

3. Investasi
Untuk menambah pundi-pundi keuangan keluarga, Anda bisa juag melakukan investasi. Mesi demikian Anda harus berhati-hati dengan banyaknya jenis investasi. Pilihlah dengan cermat investasi yang benar-benar menguntungkan. Jangan tergiur dengan investasi besar, mencoba investasi kecil pun tidak salah untuk dicoba. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES