Kesehatan

Tanda Tumor Otak yang Harus Anda Waspadai

Jumat, 06 Januari 2017 - 05:58 | 50.56k
ILUSTRASI. Proses pemeriksaan melalui scan MRI. (Foto: vicare.vn)
ILUSTRASI. Proses pemeriksaan melalui scan MRI. (Foto: vicare.vn)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tumor otak merupakan salah satu penyakit berbahaya yang ditakuti. Penyakit ini terjadi akibat adanya pertumbuhan sel abnormal pada otak. Gejala tumor otak sangat sulit untuk dikenali, karena gejala kecil seperti sakit kepala bahkan bisa menjadi tanda awal terkena tumor otak. Agar tumor otak dapat diidentifikasi lebih dini, berikut tanda-tanda tumor otak yang patut diwaspadai, dikutip dari prevention.com.

1. Kejang
Terlepas dari tipe tumor yang diderita, kejang menjadi salah satu tanda pertama dari masalah tersebut. Seorang ahli bedah saraf di Weill Cornell Brain dan Spine Center, Theodore Schwartz, MD iritasi dari tumor membuat neuron tak terkendali, dan mengakibatkan gerakan abnormal. Kejang yang dialami bisa berupa kejang-kejang seluruh tubuh, atau pada bagian tubuh yang lain.

2. Kecanggungan/ Rasa Kikuk
Salah satu peringatan tumor otak adalah kecanggungan atau gerakan tubuh menjadi kikuk. Hal ini bisa terjadi pada lengan, kaki, atau wajah. Keadaan ini membuat beberapa bagian tubuh susah untuk digerakkan.

3. Mati Rasa
Seperti kecanggungan, kehilangan rasa di bagian tubuh atau wajah adalah sesuatu yang patut diwaspadai. Jika tumor menyerang di batang otak, tempat di mana otak Anda menghubungkan dengan tulang belakang, maka kemungkinan Anda mengalami kehilangan rasa juga semakin besar.

4. Perubahan Memori
Schwartz mengatakan orang dengan tumor lebih cenderung memiliki masalah untuk mengingat. Penderita tumor juga sering merasa bingung, dan memiliki masalah pemikiran.

5. Mual
Selain tanda-tanda besar, tanda kecil juga patut diwaspadai. Schwartz mengatakan gejala tumor tidak harus disertai gejala berat. Sering mengalami rasa mual atau sakit perut juga bisa menjadi awal dimulainya pertumbuhan tumor pada otak Anda.

6. Masalah Penglihatan
Schwartz mengatakan pandangan kabur, penglihatan ganda, dan kehilangan penglihatan semua juga berhubungan dengan tumor. Tanda-tanda tersebut patut diwaspadai dan harus segera dikonsultasikan kepada dokter. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES