Ekonomi

Harga Bawang dan Cabai Mulai Turun

Rabu, 04 Januari 2017 - 21:07 | 25.82k
ILUSTRASI - Pasar tradisional (Foto: TIMES Indonesia)
ILUSTRASI - Pasar tradisional (Foto: TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita mengatakan, komoditas hortikultura seperti cabai dan bawang yang sempat mengalami kenaikan harga beberapa minggu terakhir saat ini sudah mulai turun.

"Beberapa komoditas hortikultura seperti cabai merah keriting, cabai merah besar, dan bawang merah, walaupun sempat tinggi, namun saat ini trennya semakin menurun," katanya di Kemendag, Rabu (4/1/2017).

Beberapa minggu terakhir harga cabai dan bawang mengalami lonjakan harga yang signifikan. Ini disebabkan oleh tingginya permintaan pasar jelang natal dan tahun baru lalu. 

Bahkan dibeberapa pasar Ibu Kota, cabai mengalami kenaikan harga hingga Rp150 ribu. Harga itu sangat memberatkan warga. 

Kementerian Perdagangan mencatat, inflasi di 2016 yang lalu tercatat 3,02%. Hal itu diklaim menjadi yang terendah sejak 2010. 

”Dibandingkan inflasi 2015 sebesar 3,35% yang disumbang dari beras 0,31%, daging ayam ras 0,15%, dan bawang merah 0,15%, inflasi 2016 justru menunjukkan tidak ada kontribusi dari beras dan daging ayam ras," jelasnya.

"Andil komoditas pangan terhadap inflasi 2016 yang paling tinggi hanyalah cabai merah dan bawang merah yang saat ini tren harganya mulai menurun,” terang Enggar.(*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES