Peristiwa Daerah

Kapolres Malang: Satpam Jadi Tonggak Kesuksesan Ekonomi

Rabu, 04 Januari 2017 - 16:15 | 95.88k
Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung menyalami salah seorang peserta dalam upacara HUT ke 36 Satpam, yang berlangsung di Mapolres Malang, Rabu 94/1/2017). (Foto: Polres Malang for TIMES Indonesia)
Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung menyalami salah seorang peserta dalam upacara HUT ke 36 Satpam, yang berlangsung di Mapolres Malang, Rabu 94/1/2017). (Foto: Polres Malang for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kesuksesan dan kelancaran regulasi perekonomian adalah terciptanya ketertiban dan keamanan di sektor usaha. Salah satu pilar keamanan dan ketertiban itu ada pada Satuan Pengamanan (Satpam).

Begitu jabaran yang disampaikan Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung, saat memberikan sambutannya dalam upacara HUT ke 36 Satpam, yang berlangsung di Mapolres Malang, Rabu 94/1/2017).

Satpam, menurut YS Ujung - begitu populer panggil, sebagai mitra Polri dalam memberikan jaminan perlindungan terhadap lingkungan kerja Satpam. "Hal itu sejalan dengan Program Prioritas Kapolri yaitu membangun kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap keamanan dan ketertiban," jelasnya. 

Di masa depan jelas YS Ujung, keamanan dan ketertiban merupakan bagian kesejahteraan bagi masyarakat. Hal itu menjadi sangat penting kesadaran masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban.

Polri katanya, akan senantiasa membantu dan memberikan pembinaan dalam mendukung Satpam dalam meningkatkan kemampuan dan keahlian para Satpam. "Tujuannya, agar Satpam memiliki daya saing yang tinggi dan profesional," katanya.

Dalam acara itu, Bupati Malang, H Rendra Kresna, memberikan piagam penghargaan kepada Satpam berprestasi dalam lomba ketangkasan dril tongkat dan borgol. Peraih juara 1, Satpam dari PT Pindad, juara 2 diraih PT PJB UP Brantas dan juara 3 diraih oleh PR Pundi Mas Pakisaji. 

"Satpam itu memiliki potensi strategis sebagai yang terdepan dalam rangka menciptakan jaminan perlindungan terhadap dunia usaha di Indonesia. Oleh karena itu, penyiapan kemampuan profesional anggota Satpam hendaknya mendapat atensi dan prioritas oleh pemangku kepentingan dan Polri," katanya.

Standart tata kelola pengamanan swakarsa katanya telah diatur dalam Peraturan Kapolri Nomor 24 tahun 2007, dimana dalam penerapannya tata kelola pengamaman swakarsa akan memposisikan profesi satuan pengamanan sejajar dengan profesi lainnya.

Secara bertahap katanya, Satpam diharapkan dapat menciptakan satu iklim adanya jaminan perlindungan terhadap dunia investasi secara nasional, lebih-lebih di Kabupaten Malang.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES