Peristiwa Daerah Bondowoso Republik Kopi

Amin: Pengelolaan Kopi Hutan Bondowoso Layak Dijadikan Acuan

Rabu, 04 Januari 2017 - 12:29 | 32.31k
Bupati Bondowoso H. Amin Said Husni saat memberikan sambutan dalam acara Sarasehan Petani Kopi di Aula Ijen View Bondowoso, Rabu (4/1/2017). (Foto: Angga/TIMES Indonesia)
Bupati Bondowoso H. Amin Said Husni saat memberikan sambutan dalam acara Sarasehan Petani Kopi di Aula Ijen View Bondowoso, Rabu (4/1/2017). (Foto: Angga/TIMES Indonesia)
FOKUS

Bondowoso Republik Kopi

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bupati Bondowoso H. Amin Said Husni menilai Bondowoso, Jawa Timur bisa menjadi model atau acuan dalam pengembangan kopi hutan di Indonesia. Hal ini disampaikan Amin dalam acara Sarasehan Petani Kopi di Aula Hotel Ijen View Bondowoso, Rabu, ( 4/1/2017).

Amin mengatakan, melihat sejarah perkopian di Bondowoso, mulai dari kopi yang kurang terawat hingga berkembang dan menjadi penghasil kopi terbaik di Indonesia, membuktikan sistem atau pola pengelolaan tanaman kopi di Bondowoso sudah benar. Untuk itulah, model pengelolaan kopi di Bondoso bisa ditiru oleh wilayah lain.

"Perkembangan perkopian di Bondowoso meningkat, kemudian berkembang pada cluster-cluster kopi, kemudian sertifikasi kopi hingga bisa mengekspor," ujar Amin.

Perkembangan ini memiliki dampak positif, dimana masyarakat sudah mulai membuka cafe-cafe sehingga masyarakat mengerti macam-macam olahan kopi dari Bondowoso.

Sarasehan-AminYdNL4.jpg

"Saat ini cafe di Bondowoso mulai menjamur, dengan menyajikan olahan kopi seperti espresso, latte, dan sebagainya. Dikembangkan dengan kopi Bondowoso itu sendiri," imbuhnya.

Menurut Amin, perkembangan kopi Bondowoso bisa meningkat, karena pengolahan lahan dan kopi dengan baik. "Bondowoso Republik Kopi bisa jadi kopi hutan nusantara, dan menjadi model serta yang terpenting bisa mensejahterakan masyarakat," tegasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES