Kuliner

Yuk Jadikan Dapur Sebagai Sahabat

Rabu, 04 Januari 2017 - 02:01 | 47.35k
Ilustrasi memasak di dapur, Rabu (4/1/2017) (foto: jawa pos.co)
Ilustrasi memasak di dapur, Rabu (4/1/2017) (foto: jawa pos.co)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Konon, beraktifitas di dapur seperti memasak bagi sebagian anak muda kekinian merupakan aktifitas yang menjemukan. Tapi, dapur bisa menjadi sahabat yang menyenangkan jika bisa memulai menerapkan beberapa tips berikut ini, Rabu (4/1/2017).

1. Menyusun Menu
Ini menjadi hal yang wajib dilakukan sebelum memasak, karena akan memudahkan Anda dalam belanja bahan makanan. Dengan menyusun menu Anda dapat mengontrol belanja sesuai kebutuhan.

2. Daftar Belanja
Sesuai dengan menu yang telah Anda buat, Anda akan mudah membuat daftar belanja. Bahkan jika Anda sudah terbiasa, maka Anda dapat membuat kalkulasi pengeluaran dalam seminggu.

3. Kelompokan Bahan Makanan
Segera kelompokkan masing-masing bahan makanan sesuai dengan jenisnya. Kemudian kupas, cuci di bawah air mengalir, dan potong-potong sesuai dengan kebutuhan.

4. Kemas dan Simpan
Kemas bahan makanan dan simpan bahan makanan dalam freezer. Jangan lupa cantumkan label tanggal Anda berbelanja. Cara ini akan menjaga kualitas bahan makanan hingga saat akan dimasak kembali.

5. Peralatan Masak
Ini pun perlu disiapkan untuk memudahkan proses memasak. Peralatan memasak yang digunakan harus disesuaikan dengan masakan yang akan Anda buat. Ada beberapa peralatan yang selalu digunakan dan Anda harus memastikan kondisi peralatan tersebut dapat digunakan dengan baik, seperti pisau, talenan, kompor, panci, sutil, dan lain-lain.
Jangan lupa menyatukan setiap bagian alat masak yang digunakan. Misalnya akan menggunakan blender, siapkan mangkuk, tutup, dan mesin blender, sehingga saat akan digunakan Anda tidak perlu mencarinya lagi.

6. Atur Nyala Api
Gunakan api dengan nyala yang tidak terlalu besar melebihi bagian atas dari penggorengan atau panci. Panas berlebih ini akan terbuang percuma. Sebaiknya gunakan api yang nyalanya masih berada di bagian bawah panci atau penggorengan.

7. Menutup Panci
Ketika merebus usahakan untuk selalu menutup panci. Cara ini mampu mempercepat proses pematangan karena uap yang dihasilkan tidak terbuang percuma. Disamping nutrisi bahan pangan yang direbus tidak akan hilang.

8. Menumis Sayur
Matikan api kompor ketika sayur masak setengah matang. Biarkan sayur tetap berada di dalam penggorengan atau panci karena proses pematangan masih akan terus berlanjut sebagai akibat panas yang tersisa dari peralatan masak.

9. Bersihkan Daging
Saat akan memasak daging jangan mencuci daging dengan air, karena air akan membuat daging cepat busuk dan tekstur daging akan keras. Cukup bersihkan dengan pisau bagian daging yang kotor.

10. Memasak Seafood
Semua jenis seafood akan mengeras jika dimasak dalam waktu yang lama, karena itu masak semua jenis seafood maksimal selama 7 menit, agar nutrisinya pun tetap terjaga.

11. Membuat dan Menyimpan Kaldu
Buat kaldu dalam jumlah yang banyak. Setelah masak dan dingin, kemas kaldu dalam plastik dengan ukuran 1 liter. Simpan kaldu dalam freezer hingga membeku. Kaldu ini dapat bertahan hingga sebulan lebih. Saat akan digunakan, malam sebelumnya pindahkan kaldu ke kulkas bagian bawah agar kaldu mencair dan akan lebih cepat saat digunakan.

12. Menyimpan Santan
Santan juga dapat disimpan dalam kondisi beku hingga waktu yang lama. Hanya saja, sebelum dikemas rebus santan sambil terus diaduk hingga mendidih, angkat santan dan diamkan hingga benar-benar dingin. Setelah dingin kemas santan dalam plastik dengan ukuran 1 liter. Walaupun dapat disimpan lama, namun jangan terlalu lama menyimpan santan, karena rasanya akan berubah.

13. Bumbu Dasar
Buat bumbu dasar merah, bumbu dasar putih, dan bumbu dasar kuning dalam jumlah yang banyak. Lalu kemas bumbu dalam plastik kedap udara dan simpan dalam freezer hingga membeku. Saat akan digunakan diamkan bumbu hingga lunak kembali dan masak seperti biasa. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana
Sumber : Tabloidnova

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES