Kesehatan

Srikaya, Buah yang Kaya Manfaat

Senin, 02 Januari 2017 - 03:17 | 131.51k
ILUSTRASI: Buah (Foto: kelengkeng)
ILUSTRASI: Buah (Foto: kelengkeng)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tak hanya wisata kopi. Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur juga menyuguhkan argo wisata petik buah stroberi. Agrowisata stroberi ini berada di Bukit Megasari, di Desa Kalisat, Kecamatan Ijen.

Yang istimewa, kebun stoberi di lahan seluas 3 hektar yang dikelola kelompok tani desa setempat ini ditanam dengan cara sistem pertanian organik.

Selain menawarkan wisata petik buah, hamparan kebun stroberi yang terhampar di lereng bukit juga menawarkan pemandangan alam yang menawan. Hawa yang sejuk, buah yang sehat dan segar menjadikan agrowisata petik stroberi ini menjadi lokasi wisata yang nyaman bagi semua orang.

Di lokasi ini, wisatawan bisa menikmati dua jenis stroberi, yakni jenis California dan jenis Sweet Charlie yang sama-sama siap makan.

"Disini ada dua jenis tanaman stroberi California dan Sweet Charlie yang bisa dinikmati. Kalau California lebih besar buahnya," ujar Tugimin Petugas Penyuluh Pertanian di Desa Kalisat, Minggu (1/1/2017).

Selain untuk dikonsumsi secara langsung bagi pengunjung yang datang, hasil produksi stroberi ini juga dipanen untuk dikirim keluar daerah. Dengan jumlah panen mencapai 4-5 ton per tahun, stroberi ini dikirim ke Surabaya melalui PT Perkebunan Nusantara. 

Para pengunjung yang datang tidak perlu khawatir bila akan mengkonsumsi stroberi secara langsung, karena semua menggunakan pupuk alami atau pupuk organik.

"Jadi wisatawan yang ingin mencicipi langsung tidak perlu takut ada pestisidanya, karena disini semua sudah menggunakan pupuk organik," ujar Samuji Eko Pramono dari Balai Penyuluhan Pertanian Sumber Wringin.

Untuk menikmati argowisata petik stroberi ini, pengunjung cukup membayar biaya masuk Rp. 2.500 dan bisa menikmati stroberi sehat dan segar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES