Kuliner

Nasi Goreng Tembakau Kuliner Temanggung Jawa Tengah

Senin, 02 Januari 2017 - 01:15 | 62.31k
ILUSTRASI: nasi goreng tembakau. (Foto: kompas)
ILUSTRASI: nasi goreng tembakau. (Foto: kompas)

TIMESINDONESIA, TEMANGGUNG – Nasi goreng salah kuliner favorit di Indonesia. Ada banyak ragam nasi goreng yang diolah, mulai dari nasi goreng seafood, nasigoreng ikan asin, sampai nasi goreng mawut yang berisi campuran mie kuning. 

Di Temanggung Jawa Tengah ada varian nasi goreng yang unik. Nasi goreng tembakau, tentunya nasi goreng ini menggunakan tembakau sebagai bahannya. 

Nasi goreng tembakau dapat dijumpai di rumah makan Temanggung Bersenyum, atau kerap disebut Tebers, letaknya tak jauh dari alun-alun kota Temanggung ini, tepatnya di jalan MT. Haryono. 

Nasi goreng mbako sebutan untuk nasi goreng tambakau, menjadi salah satu menu andalan di rumah makan ini. Bahkan  kini makan ini menjadi salah satu tujuan wisata kuliner yang ada di Temanggung.

"Dari pertama buka di tahun 2004 sudah menyajikan menu ini, tembakau digunakan sebagai bumbu campur nasi goreng," ujar Nanang pengelola Rumah Makan Tebers.

Nanang menjelaskan, yang digunakan bukan daunnya tetapi biji-bijinya, biji tersebut dihaluskan baru kemudian dicampurkan dengan bumbu nasi goreng, 

Terdapat dua jenis nasi goreng mbako disini, yakni nasi goreng mbako dan nasi goreng mbako srintil. Perbedaan nasi goreng ini pada racikan khusus dan irisan jamurnya.

"Biar terlihat alami ditambahi daun-daunan. Makanya banyak yang mengira itu daun tembakau padahal bukan," imbuhnya.

Nasi goreng mbako srintil, memiliki wangi yang lebih menyengat. Dengan rasa sedikit lebih pahit serta tambahan jamur yang membuat semakin mantap. Harga nasi goreng mbako hanya Rp14.000 dan untuk nasi goreng srintil Rp17.000.

Selain makanan, suasana rumah makan ini juga sangat klasik, dilihat dari bangunan dan penampilannya dibuat berbeda. Di ruangan terdapat foto-foto pemimpin Temanggung dari jaman kolonial hingga saat ini. Dilengkapi   kursi dan meja bergaya klasik, semakin membuat manis penampilan rumah makan Tebers. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Ahmad Sukmana
Sumber : TribunNews

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES