Peristiwa Daerah

STPP Malang Jatuh Hati pada Coffee and Cocoa Science Techno Park

Minggu, 01 Januari 2017 - 10:13 | 81.32k
Ketua STPP Malang, Dr. Ir. Siti Munifah MSi (dua dari kiri) saat mengunjungi CCSTP Puslitkoka Jember, Sabtu (31/12/2016). (Foto: Istimewa)
Ketua STPP Malang, Dr. Ir. Siti Munifah MSi (dua dari kiri) saat mengunjungi CCSTP Puslitkoka Jember, Sabtu (31/12/2016). (Foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Coffee and Cocoa Science Techno Park (CCSTP) merupakan realisasi dari konsep edukasi, wisata dan enterpreneur di bawah naungan Pusat Penelitian Kopi dan Kakao (Puslitkoka) Jember. CCSTP ini berhasil mencuri perhatian Ketua STPP Malang, Dr.Ir. Siti Munifah MSi saat mendampingi peserta studi lapang petugas Instalasi STPP Malang.

Sebagai pusat unggulan Iptek Kopi dan Kakao, Munifah berpendapat bahwa Puslitkoka telah melahirkan inovasi-inovasi agroindustri yang sangat berguna bagi kelangsungan siklus agribisnis.

STPP-2S9XxV.jpg

" Saat ini semua pihak dituntut kreatif, berfikir dan merealisasikan suatu program yang berkesinambungan dari hulu ke hilir, " ungkap Munifah.

Lebih lanjut, Munifah menjelaskan bahwa hilirisasi produk juga harus dipertimbangkan secara matang, sehingga tercipta pusat ekonomi baru yang ditandai dengan lahirnya entrepreneur atau perusahaan pemula berbasis teknologi secara berkelanjutan. Hal ini dinilai sangat cocok jika diaplikasikan di STPP Malang.

Kepala Pelatihan dan Perpustakaan Puslitkoka, Firul, mengatakan  Puslitkoka sangat membuka diri bagi kunjungan-kunjungan dari lembaga dan masyarakat umum. 

Dengan luas mencapai 380 hektar, Puslitkoka di Jember bisa menjadi tempat bagus untuk belajar tentang kopi dan kakao, mulai dari perkebunan hingga pengolahan.

" Kami siap menjadi partner STPP untuk mengembangkan inovasi - inovasi agribisnis, termasuk rencana pembangunan Sains Tekno Park," tegas Firul.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES