Peristiwa Nasional

Polri Fokus Penanggulangan Terorisme di 2017

Sabtu, 31 Desember 2016 - 09:39 | 19.28k
ILUSTRASI: Pasukan Densus 88. (Foto: Senda Hardika/TIMES Indonesia)
ILUSTRASI: Pasukan Densus 88. (Foto: Senda Hardika/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyatakan, Polri masih menempatkan penanggulangan tindak terorisme sebagai prioritas teratas agenda keamanan tahun 2017.

Polri menempatkan penanggulangan terorisme sebagai fokus utama berdasarkan tingginya jumlah kasus terorisme selama 2016.

Tindak terorisme di Indonesia memang mengalami peningkatan pada 2016 menjadi 170 kasus, dari sebelumnya 82 kasus pada 2015.

Kendati demikian Tito mengklaim Polri telah cukup baik menangkal ancaman teror seperti penangkapan sejumlah tersangka teroris menjelang Natal dan tahun baru.

"Kenapa 2015 lebih rendah? Karena ISIS strateginya memperkuat di Suriah, setelah itu baru ekspansi wilayah secara perlahan," kata Tito di Jakarta.

Dari 170 kasus teror, polisi masih menyidik keterlibatan 55 orang. Sementara 36 tersangka lain sedang dalam tahap persidangan dan 40 sudah divonis oleh pengadilan. Polisi juga menembak mati 33 terduga teroris saat penggerebekan.

Sementara dari pihak polisi, 11 aparat tercatat mengalami luka-luka dan satu orang meninggal dunia.

Tito mengatakan, polisi saat ini aktif mengawasi penduduk Indonesia yang kembali dari Suriah. Mereka dikhawatirkan menjalin hubungan dengan kelompok teror ISIS.

"Prioritas kami adalah memonitoring mereka yang pulang ke Indonesia. Jika mereka telah bergabung dengan ISIS, kami akan menempatkan status mereka sebagai tersangka," kata Tito.

Untuk tahun depan Kepolisian RI mendapat jatah anggaran sebesar Rp 84 triliun naik sebesar 16,2 persen dari tahun 2016. Dari jumlah tersebut Polri menempatkan 43 triliun Rupiah sebagai anggaran belanja modal untuk meningkatkan kinerja aparat keamanan.

Tito juga berencana membangun sistem telepon darurat, bank data nasional dan memperbaiki infrastruktur kepolisian di daerah-daerah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES