Kesehatan

Dampak Negatif Obesitas pada Anak

Sabtu, 31 Desember 2016 - 04:28 | 113.75k
Pasien obesitas. (Foto: Dok. TIMES Indonesia)
Pasien obesitas. (Foto: Dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Obesitas pada anak menjadi hal penting yang harus diperhatikan oleh para orang tua saat ini. Obesitas dapat menimbulkan banyak dampak negatif pada anak. Bukan sekedar susah melakukan aktivitas fisik karena berlebihan berat badan, obesitas bisa mengarah kepada gejala penyakit yang lebih serius. Berikut dampak negatif obesitas yang dapat terjadi pada-anak-anak.

1. Sistem Imun Terganggu
Obesitas akan meningkatkan resiko inflamasi. Inflamasi akan mempengaruhi otak sehingga suasana hati akan lebih mudah berubah dan akan mempengaruhi nafsu makan.

2. Gangguan Pernapasan
Anak yang mengalami obesitas lebih beresiko mengalami gangguan pernapasan seperti asma. Gangguan pernapasan ini juga bisa mengakibatkan gangguan tidur. Anak lebih suka mendengkur dan bisa menyebabkan kualitas istirahat anak menjadi menurun.

3. Meningkatkan Kolesterol dan Tekanan Darah Tinggi
Konsumsi makanan secara berlebihan, ataupun konsumsi makanan yang tidak sehat, tinggi lemak, tinggi kandungan gula dll, bisa mengakibatkan anak mengalami tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi. Hal itu karena terjadinya penumpukan plak di pembuluh darah, karena terlalu banyak lemak didalam tubuh.

4. Pubertas Dini
Obesitas juga mengakibatkan anak mengalami ketidakseimbangan hormon. Akibat kondisi ketidakseimbangan hormon membuat anak bisa mengalami pubertas dini, seperti menstruasi lebih awal dari umumnya pada anak perempuan.

5. Gangguan Perilaku
Anak obesitas lebih berisiko mengalami masalah kecemasan, yang berimplikasi pada keterampilan yang menjadi kurang baik di sekolahnya. Hal ini terus berimplikasi pada gangguan perilaku pada anak obesitas, yang membuat anak menarik diri dari lingkungan sosial. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Siska Febrina
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES