Peristiwa Daerah Bondowoso Republik Kopi

Kampung Kopi di Bondowoso Republik Kopi, Seperti Ini Konsepnya

Jumat, 30 Desember 2016 - 18:24 | 128.20k
Stand kopi di acara Kampung Kopi Bondowoso Republik Kopi (Foto : Istimewa)
Stand kopi di acara Kampung Kopi Bondowoso Republik Kopi (Foto : Istimewa)
FOKUS

Bondowoso Republik Kopi

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Bondowoso Republik Kopi menggelar acara Kampung Kopi untuk lebih mengenalkan potensi kopi di Bondowoso, baik jenis kopi maupun olahannya. Kampung Kopi ini dibuat oleh pegiat kopi Bondowoso dengan difasilitasi Dinas Pariwisata. Acara dihelat di Alun-Alun Bondowoso.

Ada 15 pegiat kopi yang turut dalam even Kampung Kopi yang digelar mulai Jumat-Minggu, 30 Desember - 1 Januari 2017, ini. Mereka berasal dari pegiat kopi dan pemilik kedai kopi di Bondowoso.

Kepala Dinas Pariwisata Harry Patriantono kepada TIMES Indonesia menegaskan, salah satu tugas dinas pariwisata adalah memperkenalkan potensi yang ada di Bondowoso. Salah satunya kopi yang kini telah memiliki brand Bondowoso Republik Kopi.

"Kampung Kopi di Bondowoso ini ingin memperkenalkan bahwa Bondowoso memang Republik Kopi. Dengan ini banyak inovasi yang dilakukan oleh anak muda Bondowoso dengan menyajikan kopi dengan berbagai jenis seperti espresso, mengenal late, dan jenis lainnya," ujarnya.

Even ini, sambung Harry, juga merupakan efek dari deklarasi Bondowoso Republik Kopi. Tak cuma itu, sekarang bermunculan cafe-cafe dengan bahan dasar kopi Bondowoso.

"Peserta yang ikut dalam acara Kampung Kopi ini, bisa menyajikan dengan olahan masing-masing tapi bahan dasarnya tetap kopi Bondowoso, kayak Kopi Java Ijen Raung dan sekarang Java Ijen Raung ada blue mountain, blue ijen, dan ada robusta argopuro," imbuhnya.

Di even ini bukan hanya olahan kopi yang disajikan. Tapi kopi mentah juga dapat dicari di stand Kampung Kopi. Selain itu acaranya juga sebagai wisata bagi wisatawan yang saat liburan di Bondowoso bisa menikmati dan melihat langsung pengolahan dari masing-masing pegiat kopi.

"Harapannya bukan hanya pemerintah yang memperkenalkan, tetapi warga Bondowoso juga ikut membantu memperkenalkan juga dan ini merupakan rangkaian dalam memperkenalkan tersebut," tegasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES