Peristiwa Nasional

Tahun Depan, Lapas Khusus Napi Terorisme Mulai Beroperasi

Kamis, 29 Desember 2016 - 20:07 | 31.51k
Ilustrasi lembaga pemasyarakatan
Ilustrasi lembaga pemasyarakatan

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Maraknya tindak pidana terorisme membuat pemerintah merasa perlu untuk membentuk Lembaga Pemasyarakatan khusus narapidana terorisme di Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat dan akan dioperasikan mulai awal 2017 mendatang.

"Saat ini pembangunan Lapas Kelas IIB Sentul dalam tahap finishing," ujar Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi BNPT, MayjenTNI Abdul Rahman Kadir.

Menurutnya, lapas kelas II-B tersebut akan menjadi pusat deradikalisasi bagi napi terorisme yang selama ini tersebar di lapas seluruh Indonesia. Keberadaan pusat deradikalisasi ini juga untuk menjawab keinginan banyak pihak agar napi terorisme tidak dicampur dengan napi biasa.

Ia menegaskan jika keberadaan lapas khusus napi terorisme ini mengharuskan BNPT dan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Kemenkumham, dalam hal ini Lapas dan Balai Pemasyarakatan (Bapas), menjalin sinergi dan kerja sama yang lebih baik lagi.

"Ini penting karena menyangkut pelaksanaan program deradikalisasi yang lebih efektif dan tepat sasaran," imbuhnya.

Menyusul segera dioperasikannya lapas khusus napi terorisme itu, BNPT mengaku sudah menyiapkan modul deradikalisasi. Selain itu, BNPT juga berkewajiban menyiapkan modul materi pengamanan lapas, sementara modul administrasi lapas disiapkan Ditjen PAS.

"Saya berharap sinergi BNPT dengan Ditjen PAS bisa semakin baik demi menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari penyebaran paham radikal dan terorisme, khususnya di dalam lapas," pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES