Indikator
  • USD → IDR Jual: 13,311 • USD → IDR Beli: 13,325
  • EUR → IDR Jual: 14,082 • EUR → IDR Beli: 14,101
  • HKD → IDR Jual: 1,715 • HKD → IDR Beli: 1,717
  • JPY → IDR Jual: 116 • JPY → IDR Beli: 117
  • AUD → IDR Jual: 10,210 • AUD → IDR Beli: 10,226
  • SGD → IDR Jual: 9,371 • SGD → IDR Beli: 9,387
  • Emas Jual → 548,000 • Emas Beli → 523,000
  • Perak Jual → 10,900
  • Update Tanggal 15-02-2017

Lima Alasan Tidak Berolah Raga dan Cara Mengatasinya

Home / Glutera News / Lima Alasan Tidak Berolah Raga dan Cara Mengatasinya
Lima Alasan Tidak Berolah Raga dan Cara Mengatasinya Ilustrasi (Gluteranews)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Olahraga merupakan salah satu aspek penting dalam gaya hidup sehat. Sayangnya, seringkali kita menunda melakukannya karena berbagai alasan.

Mengapa banyak alasan? Maestro Glutera Andri Ariestianto, mengungkapkan beberapa alasan yang paling sering diutarakan seseorang malas olah raga dan bagaimana mengatasinya.

1. Alasan Pertama: “Saya tidak punya waktu”

Ini adalah alasan yang paling umum dan merupakan masalah klasik bagi kebanyakan orang. Jadwal sehari-hari Anda rasa sudah padat dan penuh sehingga Anda tidak pernah menemukan waktu untuk olahraga.

Solusinya? ”Buatlah waktu untuk olahraga, jangan pernah menunggu waktu “muncul”, justru Anda yang harus membuat waktu tersebut ada. Anda dapat melakukan hal-hal kecil yang dapat dimasukkan dalam jadwal sibuk Anda dan mengakumulasikannya,’’ tutur Andri.

Ia mencontohkan, olah raga ringan seperti naik tangga ke kantor, jalan keluar kantor saat makan siang atau saat pergi ke dan pulang dari kantor, melakukan peregangan dan latihan kekuatan otot di kantor atau rumah selama beberapa menit per hari. Jangan lupa gunakan dan optimalisasikan waktu di akhir minggu Anda.

’’Apabila jam tidur Anda di akhir minggu lebih dari 7-8 jam, kurangi waktu tidur sedikit saja, misalnya selama 30-60 menit,’’ sarannya.

Olahraga, sambung Andri, akan membuat Anda lebih bertenaga dan juga akan membantu Anda tidur lebih baik sehingga Anda tidak perlu khwatir akan merasa lelah sepanjang hari.

’’Ingatlah bahwa 30-45 menit dalam sehari hanya merupakan 2-3% dari 24 jam. Kesimpulannya, Anda bahkan dapat menambah usia Anda sebanyak satu jam hanya dengan olahraga setiap hari secara teratur selama 30 menit,’’ ujarnya.

2. Alasan Kedua: ’’Saya tidak suka olah raga”

Cobalah terlebih dahulu, ingatlah pepatah tak kenal maka tak sayang. Bila Anda tidak pernah mencoba dengan sungguh-sungguh, belum tentu Anda tak dapat menikmati olahraga.

Langkah pertama memang adalah yang paling berat, akan tetapi setelah Anda menemukan pola yang pas maka Anda akan menikmatinya.

’’Anda tidak perlu melakukan segala bentuk olahraga seperti berenang, yoga, basket, gym, dsb. Pilihlah satu atau dua yang Anda suka lalu lakukan dengan teratur,’’ ujar Andri.

Berolahraga dengan teman atau sambil menonton film di gym sambil berolahraga di atas treadmill atau sepeda juga merupakan cara menambah nilai tambah aktivitas olahraga Anda

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com