Peristiwa Daerah

Hebat, Desa-Desa di Banyuwangi Miliki Website

Kamis, 22 Desember 2016 - 23:17 | 79.20k
ILUSTRASI : Operator desa di Banyuwangi sedang mengoperasikan Website Desa mereka. (Foto : Syamsul Arifin/TIMES Indonesia)
ILUSTRASI : Operator desa di Banyuwangi sedang mengoperasikan Website Desa mereka. (Foto : Syamsul Arifin/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Seluruh desa di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur memiliki potensi dan sumberdaya alam yang layak dipromosikan secara luas. Salah satu cara promosi yang tepat adalah dengan membangun website. Selain hemat, pengguna internet yang terus bertambah merupakan pasar potensial untuk mengenalkan desa ke penjuru dunia.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPM-PD) Kabupaten Banyuwangi, Zen Kostolani menilai banyak desa di Banyuwangi yang sebenarnya memiliki nilai jual tinggi.

BACA JUGA: E Village Budgeting Percepat Pelaporan Dana Desa

“Selain keindahan alam, desa juga memiliki kesenian, kultur dan kearifan lokal yang unik. Apalagi mereka juga memiliki industri kreatif yang tidak dimiliki oleh daerah lain,” ungkap Zen, sapaan akrabnya, Kamis (22/12/2016).

Dengan adanya website yang dimiliki setiap desa, diharapkan mampu membawa dampak terhadap kesejahteraan masyarakat. Karena bukan tak mungkin pengunjung website berminat untuk datang langsung. Selain itu, desa juga bisa memamerkan dan memasarkan produk unggulannya.

Di Banyuwangi ada beberapa desa penghasil kerajinan yang saat ini masih mengandalkan Bali dan daerah lain sebagai perantara untuk memasarkan produk. Diharapkan dengan promosi melalui website yang dimiliki desa, kerajinan tersebut bisa dibeli langsung dari para pengerajin yang tinggal di desa.  

Website desa di Banyuwangi berisi konten yang mengangkat seluruh potensi yang dimiliki desa. Seperti destinasi wisata, kerajinan, kuliner, maupun seni dan budaya masyarakat.

“Fungsi lainnya, adalah sarana untuk berbagi informasi dan lebih mengenalkan potensi yang dimiliki desa,” katanya.

Saat ini, proses pembangunan website desa di Banyuwangi telah memasuki tahap pengisian konten.

“Beberapa desa websitenya ada yang sudah bisa diakses,” tutup Zen. (d)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES