Indonesia Positif

Ujian Tahfidz, Disimak Langsung oleh Wali Murid

Selasa, 20 Desember 2016 - 16:17 | 58.12k
Siswa kelas 8b MTs Muhammadiyah 04 Slinga saat diuji hafalan al qurannya oleh orang tua wali murid, Ahad (18/12/2016). (Foto : Aris Pujianto/TIMES Indonesia)
Siswa kelas 8b MTs Muhammadiyah 04 Slinga saat diuji hafalan al qurannya oleh orang tua wali murid, Ahad (18/12/2016). (Foto : Aris Pujianto/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PURBALINGGA – MTs Muhammadiyah 04 Purbalingga di Slinga, Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah mengikuti ujian tahfidz semester ganjil Tahun pelajaran 2016/2017. Ujian  yang dilaksanakan pada Minggu  (18/12/2016) yang lalu.

Program tahfidzul Quran awalnya  khusus bagi para siswa yang sekaligus menjadi santri Pondok Pesantren Tahfidzul Quran (PPTQ) Daarussalaam Slinga (Mufourga Boarding). Namun karena daya tampung ponpes yang belum banyak, serta keinginan wali murid yang anaknya ingin menghafal Al Quran, maka mulai Tahun Pelajaran 2016/2017 Tahfidz Quran masuk kelas dengan bobot 2 jam pelajaran setiap pekannya.

Waka kurikulum Purwanto mengatakan bahwa keinginan madrasah untuk memasukkan tahfidzul Quran ini resmi sebagai mata pelajaran wajib sudah lama, namun karena keterbatasan alokasi jam mata pelajaran yang ada, maka untuk sementara program ini sebagai ekstra kurikuler yang dilaksanakan pada hari senin setiap pekannya. 

"Alhamdulillah mulai Tahun Pelajaran 2016/2017 secara resmi lewat keputusan rapat komite, guru dan karyawan menyepakati tahfudz quran menjadi mata pelajaran," tambah Purwanto.

Pengampu mata pelajaran tahfidz, Ustadzah Siti Amanatusodiqoh pada saat menyampaikan laporannya di depan wali murid menyampaikan bahwa siswa yang sudah menghafal selama hampir dua tahun di Ponpes capaian hafalan terbanyak adalah 9 juz. Serta untuk kelas reguler yang baru dilaksanakan efektif satu semester ini capaian terbanyak baru satu juz, yaitu juz 30.

Selanjutnya disampaikan, PPTQ Daarussalaam Slinga (Mufourga Boarding) akan mengadakan pesantren liburan bagi siswa-siswi MTs Muhammadiyah 04 Slinga yang memiliki keinginan kuat untuk menambah hafalannya dan muroja'ah yang akan dilaksanakan selama satu pekan mulai Minggu (25/12/2016) sampai dengan Minggu  (1/1/2017).

 "Kegiatan ini juga dapat diikuti oleh siswa diluar Mufourga dan juga memberi wadah atau media positif di akhir tahun 2016 ini," kata  Siti.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES