Gaya Hidup

Berencana Membeli Rumah, Perhatikan Hal Ini

Rabu, 21 Desember 2016 - 02:18 | 30.64k
ILUSTRASI. Membeli rumah. (Foto: rightmovecalgary.ca)
ILUSTRASI. Membeli rumah. (Foto: rightmovecalgary.ca)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Rumah menjadi kebutuhan pokok dalam kehidupan. Bagi pasangan yang baru maupun telah lama menikah, memiliki rumah adalah target yang harus diwujudkan. Meski merupakan kebutuhan primer, jangan sampai membeli rumah tanpa pertimbangan. Berikut beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan saat akan membeli rumah, dilansir dari theasianparent.com. 

1. Pastikan Tabungan yang Dimiliki
Terbuka pada pasangan tentang keuangan menjadi hal yang penting saat berencana membeli rumah. Menghitung dan membuat rincian berapa banyak tabungan yang dimiliki menjadi awal yang baik.

Jika akan membeli rumah secara kredit, pastikan pendapatan Anda dan pasangan cukup untuk membayar cicilan. Selain itu, pastikan Anda tidak pernah bermasalah dengan kredit macet atau blacklist BI.

2. Pastikan Tempat dan Lama Domisili
Penting memastikan dimana Anda akan tinggal dalam jangka waktu tertentu. Tujuan berapa lama akan tinggal berpengaruh terhadap cicilan rumah yang tepat. Contohnya, jika berencana tinggal di suatu kota dengan waktu yang cukup lama, Anda bisa mengambil jenis cicilan dengan jangka waktu hingga 25 tahun dengan pilihan bunga tetap.

Namun jika berencana untuk pindah rumah dalam waktu beberapa tahun kedepan, maka bisa memilih cicilan jangan pendek dengan bunga floating agar dapat lebih berhemat.

3. Mempersiapkan Keuangan untuk Anak
Setiap pasangan suami istri pasti ujung-ujungnya mendambakan kehadiran anak. Agar kehadiran anak tidak mengganggu cicilan rumah yang sedang berjalan, Anda harus mulai menyisatinya sejak awal.

Jika Anda memiliki cicilan rumah sebesar 1/3 atau 30 persen dari penghasilan tetap, mungkin jumlah ini bisa diperkecil jadi 25 persen dari jumlah penghasilan. Dengan begitu sisanya bisa dialihkan untuk keperluan lain, seperti persiapan untuk anak. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES