Gaya Hidup

Berbeda Kebutuhan, Ini Waktu Tidur Ideal untuk Anak

Rabu, 21 Desember 2016 - 04:21 | 30.26k
ILUSTRASI. Tidur yang cukup dan berkualitas juga bermanfaat bagi pertumbuhan dan kecerdasan anak. (Foto: skim.gs)
ILUSTRASI. Tidur yang cukup dan berkualitas juga bermanfaat bagi pertumbuhan dan kecerdasan anak. (Foto: skim.gs)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Anak-anak perlu waktu istirahat yang cukup dan berkualitas setelah mereka beraktivitas. Bukan hanya sekedar beristirahat, tidur bagi anak-anak juga memiliki manfaat untuk tubuh. Karena itu orang tua harus memperhatikan porsi tidur anak.

Kebutuhan tidur pada anak-anak berbeda pada setiap tingkatan usia. Bayi yang baru lahir memerlukan minimal 16 jam per hari. Biasanya bayi memiliki hingga 4 kali tidur pendek di pagi, siang, sore, dan tidur yang lebih panjang di malam hari.

Pada usia 3 bulan, bayi harus tidur total selama 13 jam perhari, dengan 3 kali tidur pendek. Sedangkan saat ia mulai masuk usia setahun, bayi perlu tidur minimal 12 jam perhari dengan sekali tidur siang.

Saat anak sudah masuk usia sekolah orang tua harus memastikan jumlah tidurnya tidak kurang dari 9 jam. Semakin bertambah umur, kebutuhan tidur anak-anak juga semakin berkurang. Namun, orang tua harus tetap memastikan waktu tidur agar anak memiliki tidur yang berkualitas.

Tidur yang cukup dan berkualitas juga bermanfaat bagi pertumbuhan dan kecerdasan anak. Tidur berperan penting dalam pertumbuhan otot, tulang, kulit, dan meningkatkan sistem imunitas tubuh. Di samping itu, tidur yang cukup berpengaruh terhadap perkembangan otak, karena saat tidur, otak anak bekerja mengolah data-data.

Anak yang cukup tidurnya juga cenderung lebih bahagia, tidak mudah rewel. Tidur cukup juga menghindarkan anak dari obesitas dan tinggi badannya cenderung lebih mudah mencapai puncak optimal. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Siska Febrina
Sumber : Parenting Indonesia

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES