Tekno

ITS Raih Juara Umum di Kontes Robot Internasional di Beijing

Senin, 19 Desember 2016 - 20:32 | 161.97k
Robot Ichiro saat tampil di Kontes Robot Indonesia (KRI) 1 – 4 Juni 2016 di Surabaya. (foto:klikkampus)
Robot Ichiro saat tampil di Kontes Robot Indonesia (KRI) 1 – 4 Juni 2016 di Surabaya. (foto:klikkampus)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya membuktikan diri sebagai kampus jagoan untuk urusan membuat robot pintar di Indonesia.

Prestasi paling gres adalah menjadi juara umum melalui robot bernama Ichiro dalam kontes robot di Beijing, Tiongkok pada 14-18 Desember 2016.

Robot Ichiro ini menjadi juara umum pada ajang "Federation of International Robot-Soccer Association Humanoid Robot Cup" (FIRA Hurocup) 2016 dengan meraih delapan medali.

Ketua Tim Ichiro ITS Satria Hafizuddhin mengatakan Tim Ichiro ITS mengikuti enam kategori dari 10 kategori yang dilombakan. Dalam ajang ini, ITS bersaing dengan 23 tim dari 9 negara, yaitu Tiongkok, Taiwan, Indonesia, Malaysia, India, Meksiko, Kanada dan Korea.

Dalam kejuaraan ini, Satrian menceritakan, Tim ITS sempat kewalahan menghadapi masalah ketidaksesuaian informasi dengan peraturan yang berlaku.

"Terdapat beberapa perbedaan peraturan yang berlaku pada hari pertama dengan peraturan yang disepakati pada "technical meeting" sebelumnya," ucapnya.

Selain itu, kondisi lapangan pun kurang menguntungkan, di mana lingkungan lomba yang dipaparkan tampak berbeda dengan kondisi nyatanya. Hal ini menurutnya mempengaruhi performa Ichiro dalam mengikuti pertandingan.

"Tim lawan dari negara lain pun melontarkan pendapat yang sama. Peserta FIRA banyak yang merasa kesusahan mendapatkan poin. Kami dan tim lain pun merasakan hal yang sama," tuturnya.

Meski demikian, lanjutnya tim Ichiro tak mau patah arang. Satria dan timnya tetap optimistis dan menyesuaikan dengan peraturan yang baru mereka temukan.

Robot Ichiro I berhasil meraih tiga medali emas dan satu medali perak dengan perolehan Juara 1 Kategori Marathon, Juara 1 kategori Sprint, Juara 1 kategori Soccer, dan Juara 2 kategori halang rintang.

Tak hanya itu, dari sekian banyak juara yang diraih dengan total skor 38, robot Ichiro I pun memperoleh tambahan penghargaan sebagai Juara Umum III.

Pencapaian robot Ichiro II pun tak mau kalah. Robot ini mampu mengantongi tiga medali perak dan satu medali perunggu dengan perolehan Juara 2 kategori Marathon, Juara 2 kategori Sprint, Juara 2 kategori Soccer, dan Juara 3 kategori Weight Lifting.

Atas pencapaiannya dengan total skor 40, robot Ichiro II dinobatkan sebagai Juara Umum II.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES