Peristiwa Nasional

Tanamkan Pancasila, Jokowi Siapkan Unit Khusus di Bawah Presiden

Senin, 19 Desember 2016 - 18:05 | 21.38k
Presiden Joko Widodo (Foto: setkab)
Presiden Joko Widodo (Foto: setkab)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Presiden RI, Joko Widodo mengungkapkan wacana untuk membentuk sebuah lembaga atau unit khusus untuk pemantapan Pancasila, termasuk di dalamnya bela negara. Unit ini nantinya akan terkoordinasi langsung di bawah presiden.

"Kita ingin membuat sebuah lembaga, sebuah unit pemantapan Pancasila, di bawah Presiden langsung," ucapnya saat membuka rapat terbatas dengan topik Pemantapan Pancasila di Kantor Presiden Jakarta, Senin (19/12/2016).

Presiden berharap dalam rapat ini nantinya akan ada masukan dari para menteri, terutama Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Panjaitan dan Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan HAM, Wiranto.

Menurut presiden, saat ini banyak negara di dunia termasuk negara-negara maju sedang gelisah karena toleransi yang mulai terkoyak, solidaritas sosial mulai terbelah, ketertiban sosial yang terganggu, juga makin goyah dalam mengelola keberagaman dan perbedaan. 

"Dunia juga sekarang dihantui aksi terorisme, aksi ekstremisme dan radikalisme. Dan berbagai negara di dunia sedang mencari referensi dan nilai-nilai dalam menghadapi tatanan dan tantangan," imbuhnya.

Untuk itu, presiden mengingatkan jika di tengah kondisi dunia yang seperti itu, Indonesia harusnya bersyukur memiliki Pancasila.

"Saya ingin mengingatkan Pancasila bahwa sebagai dasar negara, Pancasila sebagai falsafah hidup bangsa tidak cukup hanya dibaca, diketahui, dihapalkan, ataupun dijadikan simbol pemersatu bangsa," tegasnya.

Presiden juga berharap penerimaan pada Pancasila tidak berhenti menjadi slogan semata, namun harus diamalkan, serta diimplementasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta di dalam kehidupan sehari-hari.

Pancasila juga harus dijadikan ideologi yang bekerja dan terlembagakan dalam sistem, dalam kebijakan baik di bidang ekonomi, politik, sosial maupun budaya. "Saya yakin hanya dengan itu kita akan punya pondasi yang kokoh dalam menghadapi setiap permasalahan yang ada serta bisa dengan percaya diri menyongsong masa depan kita," tukasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Setkab

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES