Kesehatan

Ini Daftar Makanan yang Tak Boleh Disimpan di Kulkas

Kamis, 15 Desember 2016 - 08:05 | 33.06k
ILUSTRASI: Foto: DapurOnlineku
ILUSTRASI: Foto: DapurOnlineku

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ibu modern mengandalkan kulkas sebagai alat penyimpan makanan dan minuman. Banyak jenis makanan yang dapat disimpan dalam waktu lebih lama sehingga dapat digunakan berkali-kali, tanpa khawatir bahan tersebut telah basi, busuk, atau terkontaminasi.

Namun, ternyata tidak semua jenis makanan dapat disimpan di dalam kulkas. Beberapa jenis makanan  tidak boleh disimpan di dalam kulkas karena dapat menyebabkan perubahan rasa atau menyebabkan bahan tersebut berjamur lebih cepat sehingga tidak aman dimakan.

Beberapa bahan makanan yang tidak boleh disimpan di dalam kulkas adalah:

1. Tomat
Tomat akan mengalami perubahan rasa bila disimpan dalam kulkas. Udara dingin dalam kulkas akan menghambat pematangan tomat, sehingga rasanya menjadi kurang nikmat. Selain itu, tekstur tomat juga akan berubah menjadi lebih lembek dan kering karena rusaknya membran bagian dalam kulit tomat karena suhu yang dingin.

2. Daun Kemangi
Daun kemangi dapat menyerap bau yang ada dalam kullas. Jadi akan mengurangi rasa daun kemangi itu sendiri. Di dalam kulkas, daun kemangi akan lebih cepat  layu.

3. Kentang, Ubi
Suhu dingin di dalam kulkas akan mengubah karbohidrat di dalam Kentang menjadi gula lebih cepat, sehingga Kentang akan menjadi lebih manis dan keras.

4. Bawang Merah, Bawang Putih, Bawang Bombay
Jika diletakkan di dalam kulkas, maka bawang akan menyerap kelembapan kulkas sehingga menjadi lembek dan lebih mudah berjamur. Selain itu, akan mulai muncul akar atau bakal umbi pada bawang yang disimpan di dalam kulkas.

5. Roti
Roti yang disimpan di dalam kulkas memang tidak akan lebih mudah berjamur dibandingkan jika disimpan di dalam suhu ruangan. Namun, roti yang disimpan di dalam kulkas akan lebih cepat tidak segar, lebih mudah berbau dan rasanya tidak lagi nikmat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES