Gaya Hidup

Memprediksi Masa Depan Anak dengan Tes Otak

Selasa, 13 Desember 2016 - 19:23 | 215.71k
ILUSTRASI. Tes pada otak. (Foto: Parent Map)
ILUSTRASI. Tes pada otak. (Foto: Parent Map)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tes otak yang dilakukan pada anak usia tiga tahun dapat memprediksi peluang kesuksesan hidup anak di masa mendatang. Para peneliti AS dari Duke University mengatakan temuan itu menyoroti pentingnya kehidupan pada masa awal dan intervensi untuk mendukung anak-anak yang rentan.

Penelitian ini dilakukan di Selandia Baru, namun meski demikian para peneliti percaya bahwa hasilnya bisa berlaku untuk negara-negara lain. Penelitian ini dimuat dalam jurnal Nature Human Behaviour, dikutip BBC, Selasa (13/12/2016).

Dalam penelitian itu, peneliti mengamati lebih dari 1.000 anak-anak. Anak yang memiliki skor tes kognitif rendah untuk keterampilan seperti bahasa, perilaku, dan gerakan menunjukkan otak yang kurang berkembang. Hal itu mungkin disebabkan oleh terlalu sedikit stimulasi pada awal kehidupan.

Anak pada usia tiga tahun dengan hasil tes kognitif rendah diprediksi dapat terlibat kejahatan lebih dari 80 persen, memerlukan 78 persen resep dan 66 persen menerima pembayaran kesejahteraan sosial di masa dewasa. Agar kondisi seperti itu tidak muncul saat dewasa mereka diberi dukungan di masa selanjutnya.

Meski bisa memprediksi masa depan, para peneliti menekankan bahwa masa depan anak-anak itu tidak ditentukan pada usia tiga tahun. Perjalanan hidup mereka berpotensi bisa berubah jika mereka menerima dukungan di kemudian hari, misalnya melalui program rehabilitasi ketika mereka dewasa.

"Semakin cepat anak-anak menerima dukungan, maka akan lebih baik," ujar Prof Terrie Moffitt, dari Duke University di North Carolina, Amerika Serikat, yang ikut memimpin penelitian.

Adanya penelitian terhadap tes otak pada anak-anak usia tiga tahun ini diharapkan Prof Terrie dapat membujuk pemerintah untuk berinvestasi pada mereka yang paling membutuhkan di masa awal kehidupan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES