Kesehatan

Perut Kosong, Jangan Makan dan Minum Ini

Senin, 12 Desember 2016 - 06:19 | 64.04k
ILUSTRASI (Foto: vemale)
ILUSTRASI (Foto: vemale)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Membiarkan perut kosong sangat tidak dianjurkan, sebab akan berdamoak bagi kesehatan lambung itu sendiri. Saat terasa lapar, kecenderungan seseorang akan melahap apapun makanan yang tersedia. 

Namun ternyata tak semua makanan dan minuman baik dikonsumsi saat perut lapar, seperti :

Yogurt
Yogurt dapat menyebabkan asam lambung naik dan perut kembung karena adanya asam laktat dalam susu. 

Kacang 
Makan kacang saat perut kosong bisa menyebabkan perut kembung dan bergas. Tubuh mungkin merasa sulit untuk menerima kacang dan hal ini bisa menyebabkan fermentasi kacang dalam sistem pencernaan.

Makanan pedas
Jika makan hidangan pedas saat perut kosong, perut mengalami sensasi terbakar karena makanan mungkin mengiritasi lapisan usus.

Kopi 
Kebiasaan minum kopi saat perut masih kosong  bisa merangsang asam hidro-klor. Ketika tidak ada makanan di perut, asam disekresi dan bisa mengiritasi lapisan lambung. 

Minuman ringan 
Minuman ini bukan hanya buruk pada saat perut kosong tapi juga tidak sehat sepanjang waktu. Ketika mengkonumsi minuman bersoda saat perut kosong, hal itu menyebabkan masalah  tertentu dalam saluran pencernaan dan bisa membuat perut kembung, dan fruktosa di dalamnya adalah gula yang tidak sehat. 

Bir 
Minum bir saat perut kosong adalah hal paling gila untuk dilakukan karena bisa menyebabkan sensasi terbakar, sakit kepala, dan juga kembung. 

Buah asam atau sitrus
Orang yang sehat pun memiliki masalah perut sehingga disarankan untuk tidak mengkonsumsi buah asam ketika perut kosong karena dapat menyebabkan keasaman dan mulas. Bahkan tomat pun mengandung asam yang dapat menyebabkan tukak lambung dan keasaman bila dikonsumsi saat perut kosong.

Saat perut kosong, sebaiknya makanlah buah-buahan segar, oatmeal, telur, roti, salad.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES