Ekonomi

Menperin Yakin Industri Nasional Bangkit Mulai 2017

Sabtu, 10 Desember 2016 - 15:08 | 21.95k
Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto (Foto: cnnindonesia)
Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto (Foto: cnnindonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto mengaku optimistis bisa mengembalikan kebangkitan industri nasional (reindustrialisasi) mulai tahun 2017 mendatang.

"Saat ini, saya diamanahkan oleh Bapak Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan kembali kontribusi sektor industri terhadap perekonomian Indonesia," ujarnya.

Meski demikian, Menperin menyampaikan jika harapan ini butuh komitmen kuat semua pihak terkait - baik itu pembuat kebijakan maupun para pelaku industri, mulai dari hulu sampai hilir.

Menperin mengaku keyakinan itu didorong berbagai upaya dan kebijakan pemerintah yang telah dan akan dilakukan, mulai menciptakan iklim usaha yang kondusif, melakukan deregulasi, menerbitkan paket kebijakan ekonomi, pembangunan infrastruktur hingga penurunan harga gas industri.

"Apabila semua itu berjalan baik, target yang ditetapkan bisa tercapai dengan pertumbuhan industri sebesar 5,4 persen, di atas pertumbuhan ekonomi pada tahun depan," tegasnya.

Ia menambahkan jika presiden Jokowi telah memberi arahan, peningkatan investasi industri dipacu untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi nasional sekaligus mengurangi angka kemiskinan dan pengangguran melalui penciptaan lapangan kerja.

"Target petumbuhan ekonomi tahun 2017 sekitar 5,2 persen dan tahun 2018 sebesar 7 persen, sedangkan untuk investasi tahun 2017 mencapai Rp 600 triliun dan tahun 2018 sebanyak Rp 800 triliun," lanjutnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES