Peristiwa Daerah

Peringatan HAM se-Dunia, Bupati Sumenep Terima Anugerah

Jumat, 09 Desember 2016 - 15:44 | 31.58k
Bupati Sumenep ketika menerima penghargaan dari Kemenkum dan HAM di Gedung Grahadi Surabaya. (Foto Humas Pemkab Sumenep For TIMESIndonesia)
Bupati Sumenep ketika menerima penghargaan dari Kemenkum dan HAM di Gedung Grahadi Surabaya. (Foto Humas Pemkab Sumenep For TIMESIndonesia)

TIMESINDONESIA, SUMENEP – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenhuk HAM) bekerja sama dengan Pemerintah Propinsi Jawa Timur gelar Peringatan  Hari Hak Asasi  Manusia se Dunia ke 68 Tahun 2016, di Gedung Negara Grahadi Jl. Gubernur Suryo Surabaya, Kamis (8/12/2016).

Dalam rilis Pemkab Sumenep menjelaskan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Menganugerahkan Penghargaan Kepada Pemerintah Sumenep Atas Upayanya membina dan Mengembangkan Sumenep menjadi Kabupaten yang Peduli Hak Asasi Manusia Pada Tahun 2015.

Penghargaan itu berupa Piagam,  diberikan langsung oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly kepada Bupati Sumenep DR. Kh. A Busyro Karim M. Si bersama 228 Kabupaten/Kota lainnya di Indonesia.

Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly dalam sambutannya mengatakan, Peringatan HAM se Dunia ke 68 Tingkat Nasional ini mengambil tema : Harmoni dalam hak asasi manusia, Kesetaraan dalam Pemajuan Hak Asasi Manusia.

”Kegiatan ini menjadi kanal untuk menginformasikan peningkatan jumlah Kab/Kota dalam pencapaian Implementasi HAM sebagaimana tercantum dalam peraturan Presiden 75/2015 tentang rencana Nasional HAM Periode 2015-2019 dan Permenkumhum25/2013 tentang penilaian Kab/Kota peduli HAM,” ujarnya.

Yasonna menyampaikan, Kemenkumham sebagai alat Pemerintah yang bertugas dalam memantapkan dan memastikan terlaksananya penghormatan, pemenuhan, perlindungan, penegakan dan pemajuan hak asasi manusia ( P5HAM ) di negara tercinta ini.

”Maka mengajak kepada seluruh lapisan Pemerintah untuk menjaga keseimbangan dan keselarasan dalam mewujudkan hak asasi manusia,” terangnya.

Selain itu, Menkumham berpesan agar Pemerintah dapat menjamin hak-hak Politik, ekonomi, social dan budaya masyarakat. Pemerintah pun harus dapat memberikan layanan pendidikan, layanan kesehatan dan memberikan jaminan perlidungan kebebasan beragama dan berkeyakinan, ungkap Yasonna mengutip pesan dari Presiden RI Joko Widodo pada Peringatan Tahun Lalu.

Saat menerima penghargaan itu, Bupati Sumenep, Dr KH A Busyro Karim, ditemani sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Sumenep. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES