Olahraga Garuda Menuju Juara

Tim Garuda Indonesia Sukses Menuju Final

Rabu, 07 Desember 2016 - 21:51 | 64.71k
Stefano Lilipaly yakin Timnas Indonesia memiliki kemampuan mengalahkan tim manapun di laga final Piala AFF nanti. (Foto: Antara/ Widodo S. Jusuf)
Stefano Lilipaly yakin Timnas Indonesia memiliki kemampuan mengalahkan tim manapun di laga final Piala AFF nanti. (Foto: Antara/ Widodo S. Jusuf)
FOKUS

Garuda Menuju Juara

TIMESINDONESIA, VIETNAM – Tim nasional Garuda Indonesia sukses melangkah ke babak final Piala AFF 2016. Timnas Garuda memastikan tempat di partai pamungkas setelah menang agregat 4-3 atas Vietnam.

Kedua tim melakoni duel leg kedua semifinal di My Dinh National Stadium, Rabu, 7 Desember 2016.

Pada laga tersebut berlangsung dramatis. Indonesia sempat kalah 1-2 pada waktu 90 menit, namun berhasil menutup pertandingan dengan skor 2-2 setelah menjalani dua kali babak tambahan.

BACA JUGA: Ungguli Indonesia, Vietnam Buka Peluang Partai Final

Sementara, Vietnam langsung tampil mendominasi di babak pertama. Mereka terus menekan pertahana Indonesia demi memburu gol. Untungnya pertahanan Tim Merah-Putih tampil cukup solid.

Duet bek tengah Hansamu Yama dan Fachrudin Aryanto selalu mampu menghalau setiap gempuran. Skor kacamata bertahan sampai turun minum.

Di paruh waktu kedua terjadi banyak drama. Di mulai dengan kesuksesan Indonesia mencuri gol ke gawang Vietnam di menit 54. Stefano Lilipaly dengan mudah menceploskan si kulit bundar ke gawang lawan.

Lilipaly cerdik memanfaatkan kesalahan yang dilakukan oleh bek dan kiper lawan ketika coba menghalau umpan silang dari Boaz Solossa.

Tertinggal, Vietnam yang berjuang bangkit mengejar malah kehilangan kipernya, Tran Nguyen Manh. Dia dikartu merah oleh wasit pada menit 76 kerena melakukan protes keras.

Kurang jumlah, Vietnam justru tampil semakin ngotot. Sebaliknya Indonesia sedikit kehilangan fokus. Alhasil, anak-anak asuh Nguyen Huu Thang mampu mencetak dua gol di waktu 90 menit.

Gol penyeimbang 1-1 dihasilkan Vu Thanh di menit 83. Dia sebelumnya mendapat assist dari Pham Thanh Lurong. Lalu pada injury time, Vietnam balik unggul lewat lesakan Vu Minh Tuan.

BACA JUGA: Ketat, Indonesia Tahan Imbang Vietnam​

Skor 2-1 untuk keunggulan Vietnam membuat laga harus lanjut ke babak tambahan karena secara agregat, kedudukan masih sama kuat 3-3.

Pada babak tambahan Indonesia berhasil mencetak gol tambahan pada menit 97. Manahati Lestusen mencatatkan namanya di papan skor lewat sebuah eksekusi penalti.

Nasib beruntung bagi Timnas. Hadiah tendangan 12 pass diberikan setelah Ferdinan Sinaga dijatuhkan di kotak terlarang saat tinggal berhadapan satu lawan satu dengan penjaga gawang musuh.

Duel pada 2X15 menit babak tambahan berjalan seru. Indonesia dan Vietnam masih sama-sama ngotot memburu gol.

Namun, hingga pertandingan berakhir skor 2-2 tetap bertahan. Hasil yang membuat Indonesia berhak merengkuh tiket laga pamungkas berkat keunggulan agregat 4-3. Timnas Indonesia berhasil lolos menuju final. Sukses untuk merah putih.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES