Ekonomi

Menkeu Prediksi Ekonomi Indonesia di 2017 Masih Terdampak Krisis Global

Rabu, 07 Desember 2016 - 16:52 | 53.47k
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Foto: bisniscom)
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Foto: bisniscom)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati memperkirakan ekonomi Indonesia pada 2017 mendatang masih akan mendapat dampak signifikan dari krisis global.

"Kondisi global sangat memengaruhi kondisi perekonomian Indonesia saat ini dan diperkirakan akan berlanjut pada 2017," ujarnya di Istana Negara Jakarta, Rabu (7/12/2016).

Menurut Menkeu, APBN 2017 yang disetujui DPR akhir Oktober 2016 silam sudah disusun dengan pertimbangan lingkungan luar dan dalam negeri  - mulai kondisi perekonomian AS, terpilihnya Presiden Donald Trump di AS, kebijakan ekonomi moneter negara-negara maju dan kondisi perekonomian Tiongkok.

Untuk merespons kondisi dalam dan luar negeri yang amat menantang itu, pemerintah dengan terpaksa melakukan perubahan terhadap pelaksanaan APBNP 2016.

"Hal ini dilaksanakan untuk menjaga kredibiltas instrumen fiskal dengan menjaga dan memperkuat pondasi ekonomi Indonesia agar tidak mudah terguncang," imbuhnya.

Menkeu menyebutkan jika penyusunan APBN 2017 dilakukan secara cermat, namun tetap mempertahankan optimisme.

"Ini penting untuk menjaga momentum meski aspek kehatian-hatian tetap dijaga. Kita harus siap dengan ketidakpastian global yang harus dilihat sebagai kesempatan untuk kepentingan negara kita," tutupnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES