Kesehatan

Mau Tahu, Durasi Tidur yang Ideal? Ini Hitungannya

Selasa, 06 Desember 2016 - 00:15 | 23.46k
Ilustrasi Orang Tidur, (Foto: Wartakesehatan.com)
Ilustrasi Orang Tidur, (Foto: Wartakesehatan.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tidur selama 7 hingga 8 jam semalam adalah rekomendasi dari National Sleep Faoundation. Durasi tersebut merupakan hitungan rata-rata. Tapi, tahukah Anda jika kebutuhan tidur setiap orang berbeda-beda?

Direktur terapi gangguan tidur di Sleep-Wake Disorders Center at Montefiore Medical Center Shelby Harris, PsyD mengatakan sekitar 70 persen populasi orang dewasa membutuhkan antara 6 hingga 9 jam tidur malam setiap hari agar merasa segar saat menjalani aktifitasnya. "Genetika punya peran di sini," ujar Harris.

Berikut cara untuk mengetahui durasi optimal yang Anda butuhkan untuk tidur, agar dapat menjalani aktifitas dengan segar.

1. Lebih baik jika Anda mempunyai waktu selama seminggu penuh untuk bisa bangun kapan saja sesuka Anda.

2. Tidurlah pada waktu yang sama setiap malam dan catat jam berapa Anda bangun pagi hari demi hari tanpa gangguan alarm.

3. Hitung berapa banyak Anda tidur pada malam keempat, kelima, dan keenam. Hitung dalam hitungan menit.

Hari pertama hingga ketiga tidak perlu dihitung karena mungkin pada hari-hari itu Anda masih terganggu dengan pola tidur yang lama.

4. Jumlahkan lamanya waktu tidur Anda pada hari keempat hingga keenam. Lalu hasilnya bagi tiga.

Sebagai contoh, jika hasil yang Anda dapat adalah 420 menit atau 7 jam dan setiap hari Anda harus bangun pukul 5 pagi, artinya tepat pada pukul 10 setiap malam Anda harus sudah terlelap.

Dengan hitungan itu, Anda mendapatkan hasil berapa tepatnya durasi waktu tidur yang ideal untuk Anda terapkan disetiap harinya agar dapat menjalani aktifitas dengan segar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana
Sumber : Tabloidnova

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES