Peristiwa Daerah

Kabut dan Hujan Pengaruhi Okupansi Hotel di Kawasan Bromo

Sabtu, 03 Desember 2016 - 14:14 | 51.20k
ILUSTRASI: Hotel Bromo View Probolinggo (Foto: outboundindonesia)
ILUSTRASI: Hotel Bromo View Probolinggo (Foto: outboundindonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Hujan lebat yang sering mengguyur kawasan wisata Gunung Bromo ditengarai berdampak pada pemesanan kamar hotel di kawasan tersebut menjelang libur natal dan tahun baru. Hingga kini, belum ada yang memasan (booking) kamar dan membayar uang muka ke hotel.

"Kalau yang booking ada, tapi belum ada yang berani memasang DP (Down Paymen/uang muka, Red)," kata ketua Paguyuban Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Probolinggo, Digdoyo Djamaluddin tentang tingkat hunian hotel (okupansi) jelang liburan.

Pria yang biasa disapa Yoyok itu menduga, hal itu terjadi karena calon pengunjung khawatir dengan cuaca. Dengan cuaca yang sering hujan dan kabut, pengunjung tak bisa menikmati panorama matahari terbit (sunrise) ataupun matahari terbenam (sunset).

Kekhawatiran lainnya, yakni akses menuju kawasan wisata Gunung Bromo yang rawan longsor dan menutupi badan jalan. Plus potensi terjadinya kemacetan saat malam natal dan tahun baru 2017 nanti.

Padahal, kata pemilik Hotel Yoschi itu, ada banyak destinasi wisata lain di kawasan Gunung Btomo selain sunrise dan sunset. Misalnya, menjelajahi padang savana, ke bukit teletabis dan lainnya yang tak kalah menarik.

Di kawasan Bromo, terdapat 14 hotel dengan total kamar sebanyak 494 buah yang mampu menampung hingga 1.050 pengunjung. Selain itu, bagi pengunjung yang tak kebagian kamar hotel atau berbekal cekak, bisa memesan home stay. Terhitung ada 128 home stay di kawasan Bromo dengan jumlah kamar sebanyak 250 kamar.

"Tak perlu khawatir bakal tak kebagian penginapan," kata Yoyok kepada TIMES Indonesia, Sabtu (3/12/2016) siang.

Berbeda dengan natal dan tahun baru, untuk momen libur sekolah pekan kedua Desember ini, okupansi hotel di kawasan Bromo berkisar antara 75 sampai 80 persen. Terutama antara tanggal 10-19 Desember. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES