Indonesia Positif

Arabic Club Mufourga, Dibimbing Oleh Siswa Senior

Sabtu, 03 Desember 2016 - 08:40 | 81.15k
Rani siswa kelas 9A MTs Muhammadiyah 04 Slinga saat membimbing siswa peserta Arabic Club, Kamis (1/12/2016). (Foto : Aris Pujianto/TIMES Indonesia)
Rani siswa kelas 9A MTs Muhammadiyah 04 Slinga saat membimbing siswa peserta Arabic Club, Kamis (1/12/2016). (Foto : Aris Pujianto/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PURBALINGGA – MTs Muhammadiyah 04 Slinga, Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah nemiliki ekstrakurikuler bahasa arab (Arabic Club).

Arabic club ini dibentuk sejak Tahun Pelajaran 2014/2015 dengan pembimbing guru bahasa arab Ustadz Aris Suseno, S.Pd.I. Awal pendirian, siswa yang berminat mengikuti ekstra ini hanya 6 orang dan dilaksanakan setiap hari Minggu  pagi. Kegiatan dimulai dari jam 07.00 sampai dengan jam 09.00 bertempat di lantai 2 asrama santri Mufourga.

Menurut Ustadz seno, sengaja tidak mewajibkan siswanya ikut di ekstra bahasa arab ini. Agar lebih optimal dalam pemahaman karena siswa yang benar-benar minat memperdalam bahasa arab. 

Ternyata di tahun yang kedua peminat bertambah menjadi 12 anak. Pada tahun ketiga peserta bertambah lagi menjadi 28 anak. "Hal ini sangat membanggakan bagi kami selaku pembimbing, sebab ini dapat menjadi salah satu indikator keberhasilan pembimbingan". Kata Seno.

Materi yang diberikan adalah kosa kata bahasa arab, percakapan bahasa arab dan pendalaman materi yang dipelajari di Madrasah. Tentang materi-materi itu diberikan sesuai dengan jadwal yang telah disepakati bersama siswa. 

Jadwal setiap pekannya dilaksanakan setiap hari Rabu siang setelah pelajaran selesai dan setiap Minggu, 2 pekan sekali bertemu bersama untuk evaluasi.

"Mulai tahun ketiga ini kami melibatkan siswa angkatan pertama yang kemampuan bahasa arabnya lebih baik dari teman yang lain untuk ikut membimbing teman-temannya," imbuh Seno. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES