Tekno

Ini Tiga Cara Mudah Amankan Data di Smartphone

Sabtu, 03 Desember 2016 - 00:16 | 25.47k
ILUSTRASI, Mengamankan data pada smartphone (Foto: TIMES Indonesia)
ILUSTRASI, Mengamankan data pada smartphone (Foto: TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Smartphone telah menjadi bagian tak terpisah dalam menemani aktivitas sehari-hari. Menjaga dan merawat perangkat mobile ini tentu sudah 'kewajiban' demi kelancaran dalam berkomunikasi.

Namun terkadang kita abai atau teledor terhadap smartphone. Jatuh sampai rusak atau terkena air adalah sebagian contoh 'kelalaian' menjaga smartphone. Akibatnya, bisa kehilangan data - data yang tersimpan di dalamnya.

Nah, apabila data anda hilang atau sebelum hal yang nggak diinginkan itu terjadi, perlu dilakukan antisipasi agar tetap aman dan terjaga. Berikut ini tiga cara mudah melindungi data di smartphone milik anda, sepeti dilansir dari laman howtotech.org.

1. Pulihkan dengan Aplikasi di Play Store atau App Store
Anda dapat mengembalikan data-data yang hilang dengan mencoba  beberapa aplikasi di Play Store atau Apps Store. Bila smartphone anda rusak secara fisik, sistem pemulihan data di perangkat mobile-mu bisa menjadi opsi lain.

2. Gunakan Hard Disk Eksternal
Anda perlu membiasakan selalu menyimpan data cadangan (backup) selain di smartphone. Hard disk eksternal bisa menjadi pilihannya. Bagi pengguna iPhone, anda dapat mem-back up seluruh data melalui piranti lunak iOS bernama Time Machine. 

Bagi pengguna smartphone berbasis Android, data bisa ditransfer ke perangkat komputer (PC) dengan menggunakan kabel data atau memasukkan kartu memori (memory card). File yang berisi datamu dapat disimpan di komputer atau hard disk eksternal.

3. Manfaatkan Layanan Cloud
Banyak layanan Cloud yang bisa anda gunakan untuk menyimpan data cadangan secara otomatis, misalnya, Dropbox dan Google Drive. 

Aplikasi dari dua layanan gratis tersebut, dapat diunduh di App Store atau Google Play. Cara kerjanya sama, yakni otomatis mem-back up data ke Cloud kemudian tersimpan ke akun anda. 

Cara mudah lainnya,  jika anda ingin mengembalikan data dari Google Drive atau Dropbox ke smartphone anda, lakukan dengan cara menyinkronkan akun Cloud ke akun di smartphone anda. Sebelumnya, pastikan smartphone anda memiliki cukup ruang, mengingat aplikasi ini cukup memakan memori.

Melindungi memori dan data di smartphone merupakan hal yang sangat penting, apapun metode yang anda pilih. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES