Peristiwa Daerah Bondowoso Republik Kopi

Pemkab Bondowoso Siap Angkat CPNS

Kamis, 01 Desember 2016 - 12:03 | 101.36k
Sekda Bondowoso, H Hidayat MSi saat memberikan arahan dalam rapat koordinasi persiapan pengangkatan CPNS, Selasa (29/11/2016) di Aula Antapura Nayaka Wibawa BKD Bondowoso. (Foto: Istimewa)
Sekda Bondowoso, H Hidayat MSi saat memberikan arahan dalam rapat koordinasi persiapan pengangkatan CPNS, Selasa (29/11/2016) di Aula Antapura Nayaka Wibawa BKD Bondowoso. (Foto: Istimewa)
FOKUS

Bondowoso Republik Kopi

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso menunggu perkembangan dari pemerintah pusat terkait rencana pengangkatan calon pegawai negeri sipil (CPNS) Tahun 2016.

Sebagai informasi, tahun ini, perekrutan CPNS formasi umum untuk tenaga kesehatan, pertanian dan pendidikan menjadi kewenangan pemerintah pusat. 

"Kita hanya menunggu tahapan berikutnya, yakni pengumuman yang akan dilakukan oleh Bupati Bondowoso,” ujar Wawan Setiawan SH MH, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Bondowoso, Selasa (29/11/2016) di Aula Antapura Nayaka Wibawa.

Dia menyampaikan, seluruh prosedur dan tahapan rekrutmen langsung ditangani oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan) serta kementerian terkait.

Pemkab Bondowoso sendiri, kata dia, telah melakukan MoU (Memorandum of Understanding) dengan pemerintah pusat dalam rangka penerimaan CPNS formasi umum. Formasi yang dimaksud, yaitu bidan PTT (pegawai tidak tetap), THL - TB (tenaga harian lepas - tenaga bantu), dan GGD (guru garis depan). Pemerintah pusat melalui panitia seleksi nasional telah menggelar tes umum dengan computer assist test (CAT) yang merupakan bagian dari rekrutmen CPNS. 

Pada tingkat daerah, panitia rekrutmen CPNS telah dibentuk yang melibatkan sejumlah unsur terkait, yaitu BKD, Inspektorat, serta tiga dinas terkait: Kesehatan, Pertanian dan Pendidikan. Pembentukan panitia rekrutmen tersebut dituangkan dalam Surat Keputusan Bupati Bondowoso. 

Dalam arahannya, Sekretaris Daerah (Sekda) Bondowoso, H Hidayat MSi meminta seluruh panitia rekrutmen CPNS Bondowoso mempersiapkan baik administrasi maupun rencana penempatan tenaga sesuai dengan kebutuhan formasi. Hidayat mengatakan bahwa sebenarnya kebutuhan tenaga di Bondowoso lebih besar dari jumlah yang telah ditetapkan oleh pusat.

“Tapi apa mau dikata yang disetujui oleh pusat hanya sedikit. Oleh karena itu kita harus berpikir bagaimana agar kita dapat mengoptimalkan keterbatasan SDM (sumber daya manusia) yang ada untuk mengcover tugas berat di wilayah tertentu di Bondowoso,” ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES