Tekno

Mahasiswa UI Ciptakan Permainan untuk Cegah Diare

Kamis, 01 Desember 2016 - 00:18 | 95.58k
Aplikasi game anti diare (Foto: jawapos)
Aplikasi game anti diare (Foto: jawapos)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Arbianingsih, mahasiswa program Doktor (S-3) Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (UI) berhasil menciptakan permainan (game) untuk mencegah diare pada anak usia prasekolah dan meningkatkan perilaku hidup sehat.

Game yang dinamai "Arbicare" ini merupakan permainan android dengan genre Role Play Game (RPG) yang terdiri atas tokoh utama berupa anak usia prasekolah.

Tokoh utama dalam game ini akan melakukan berbagai aktifitas pencegahan diare, seperti cuci tangan pakai sabun, atau praktik makan yang bersih dan gizi seimbang melalui kombinasi video yang ditampilkan.

Kegiatan dalam game ini mengajarkan anak tentang pentingnya hidup sehat dan langkah-langkah mencapai hidup sehat tanpa harus merasa digurui.

Permainan ini berdurasi 25 menit, sesuai dengan penelitian tentang dosis waktu yang efektif untuk meningkatkan perilaku, dan tidak membuat anak kecanduan bermain game.

Hasil studi kualitatif yang melibatkan sejumlah partisipan anak prasekolah  menjadi dasar dikembangkannya permainan ini. Hasil penelitian tersebut kemudian diintegrasikan dengan konsep pencegahan diare melalui perilaku sehat. 

Arbianingsih mengungkapkan, ketertarikannya mengangkat topik tersebut karena diare merupakan penyebab kematian terbanyak kedua pada balita di negara-negara berkembang. Hal ini terjadi karena kesadaran perilaku hidup sehat yang masih kurang di masyarakat negara-negara tersebut.

Untuk mengatasinya, menurut Arbi, diperlukan inovasi yang memberikan edukasi perilaku hidup sehat, terutama bagi anak prasekolah.

Anak usia prasekolah, berkisar antara 3-6 tahun, dipilih karena menjadi kelompok kedua terbanyak yang mengalami diare dan merupakan periode dimana anak telah mampu memahami konsep yang beralasan.

Dia menjelaskan, pada fase tersebut, anak banyak belajar secara mandiri dari bermain. Oleh karenanya, integrasi konsep pendidikan kesehatan ke dalam bentuk game diharapkan dapat membuat anak tertarik serta memahami konsep hidup sehat.

Arbianingsih berhasil meraih gelar doktor lewat temuan game Arbicare ini. Dia memaparkannya dalam disertasi berjudul “Pengembangan Media Intervensi Keperawatan: Aplikasi Permainan Berbasis Android Cegah Diare (Arbicare) dan Efektifitasnya dalam Meningkatkan Perilaku Sehat Anak Prasekolah” di Gedung Pendidikan dan Laboratorium FIK UI, Depok, Rabu (30/11/2016).

Saat ini, game Arbicare sedang dalam proses pengurusan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) sehingga belum dapat diunduh. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Universitas Indonesia

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES