Peristiwa Daerah

PLN Operasikan Gardu Induk untuk Venue Asian Games 2018

Rabu, 30 November 2016 - 20:06 | 29.05k
Dua Gardu Induk Di Palembang diresmikan (Foto : Istimewa)
Dua Gardu Induk Di Palembang diresmikan (Foto : Istimewa)

TIMESINDONESIA, PALEMBANG – PLN meresmikan dua Gardu Induk (GI) baru yang akan mendukung pasokan listrik untuk Asian Games 2018 mendatang, Rabu (30/11/2016).

Gardu Induk yang diresmikan, yakni gardu induk  Jakabaring  berkapasitas  150 kV  (1x60 MVA) dan GI Gandus Palembang berkapasitas (1x60 MVA dan 1x30 MVA) serta  dua transmisi baru yakni Transmisi 150 kV Phi Incomer, Mu Ariana – Keramasan dan Transmisi 150 kV Phi Incomer, Keramasan – Talang Kelapa.

Peresmian berlangsung di lokasi Gardu Induk Jakabaring, Jalan Gub. H. Bastari Palembang,

Gardu Induk Jakabaring selain untuk  meningkatkan kebutuhan listrik disekitar kawasan Jakabaring, juga untuk memenuhi stok listrik yang diperlukan pada penyelenggaraan Asian Games 2018 mendatang serta untuk memenuhi kebutuhan operasional LRT Palembang.

Wakil Gubernur  Ishak Mekki mengatakan, pembangunan listrik merupakan bagian yang sangat penting mengingat listrik sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk industri, rumah tangga,  pendidikan serta dapat membangun dan mewujudkan insfratuktur yang ada di Sumsel .

“Sumsel sendiri dinyatakan sudah berlebihan dalam energi tenaga listrik sehingga mensuplay Provinsi-Provinsi tetangga,” ujarnya.

Dengan adanya pembangkit khusus yang ada di Jakabaring ini diharapkan pasokan listrik untuk Asian Games tidak ada kendala. "Saya yakin stok listrik selama Asian Games sudah aman,” terang Ishak Mekki.

Dengan beroperasinya GI baru ini dapat meningkatkan sistem kelistrikan di Sumsel. Pemerintah Provinsi Sumsel  juga terus berupaya dalam meningkatkan jaringan listrik di Sumsel, antara lain membangun gardu induk di Sekayu, Martapura, Kayu Agung, dan Tebing Tinggi. selain itu juga kedepan akan dibangun gardu induk di Muara Rupit dan Muara dua.

Sementara, GM PLN UIP Sumbagsel, Dadi Muhrino mengatakan, pembangunan  gardu induk  Jakabaring dan Gandus dimulai tahun 2013 yang selesai sesuai target di tahun 2016.

Menurutnya, dengan beroperasinya GI ini dapat memenuhi semua kebutuhan listrik masyarakat kota Palembang. “Pembangunan GI ini, juga dilakukan untuk mensupport suksesnya  Asian Games 2018 mendatang,” ujar Dadi Muhrino.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Palembang TIMES

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES