Peristiwa Daerah Taubat Nusantara

Ribuan Orang Padati Apel Nusantara Bersatu di Stadion Langlang Bontang Kaltim

Rabu, 30 November 2016 - 16:31 | 79.41k
Unsur FKPD, Tokoh Lintas Agama, Budayawan, Pejabat Publik, Ormas dan OKP berfoto beraama usai Apel Nusantara Bersatu di Stadion Langlang Bontang pagi tadi. (Andry Subandono/TIMES Indonesia)
Unsur FKPD, Tokoh Lintas Agama, Budayawan, Pejabat Publik, Ormas dan OKP berfoto beraama usai Apel Nusantara Bersatu di Stadion Langlang Bontang pagi tadi. (Andry Subandono/TIMES Indonesia)
FOKUS

Taubat Nusantara

TIMESINDONESIA, BONTANG – Pawai kendaraan berjarak enam kilometer dari GOR Pupuk Kaltim menuju lokasi apel mengawali Apel Nusantara Bersatu di Bontang Kalimantan Timur. 

Apel digelar hari ini, Rabu (30/11/2016), berlangsung mulai pukul 08.00 Wita, di Stadion Langlang Bontang. 

Apel yang serentak dilakukan di berbagai wilayah Indonesia ini bertujuan untuk memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan bangsa. Tampak peserta apel memakai pita bernuansa merah putih yang diikatkan di kepala.

Penampilan-Marching-Band3SxZr.jpgPenampilan Marching Band Pupuk Kaltim saat Apel Nusantara Bersatu. (Foto: Andry/TIMES Indonesia)

Kegiatan diawali dengan pertunjukan Marching Band Pupuk Kaltim yang telah menorehkan prestasi di tingkat Internasional. Kemudian dilanjutkan dengan pagelaran tarian khas Dayak, Tari Jepen.  

Acara inti apel ini dibuka dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Pembacaan Pancasila secara bersama-sama. Dilanjutkan dengan orasi beberapa tokoh masyarakat Bontang.

Salah satu tokoh masyarakat, Umar Gading, dalam orasinya "Kita harus menjaga dan mempertahankan NKRI sebagai mana pahlawan-pahlawan yang mendahului kita". 

Alutsista-yang-ikut-dipamerkan-saat-apelBwpOZ.jpgAlutsista yang ikut dipamerkan saat apel. (Foto: Andry/TIMES Indonesia)

"Empat Pilar Kebangsaan patut dipertahankan dan diajarkan sebagai catatan besar, bahwa Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika serta pundi-pundi yang terkandung didalamnya, patut kita jaga bersama," lanjut Umar .

Setelah para tokoh berorasi, apel dilanjutkan dengan Pembacaan Ikrar Warga Bontang oleh Wakil Ketua DPRD, Faisal, yang diikuti oleh seluruh undangan dan peserta apel. 

Peserta apel terdiri dari Forum Komunikasi Pemerintah Daerah (FKPD) yakni Dandim 0908, Kapolres Bontang, Kepala Kejaksaan Negeri Bontang, Wakil Walikota Bontang dan DPRD Bontang. Selain itu dihadiri juga semua kalangan dan lapisan masyarakat kota Bontang, mulai Pelajar dari tingkat SMA, Tokoh Lintas Agama, Budayawan, Pejabat Publik, Partai Politik, Ormas dan OKP serta Komunitas yang ada di kota Bontang. 

DoaRbgap.jpgPembacaan doa oleh perwakilan Lintas Agama. (Foto: Andry/TIMES Indonesia)

Kodim 0908, Arhanud Rudal 002, Koramil, Sub Dan POM, dan Polres juga ikut apel ini. Turut dipamerkan pula perlengkapan alutsista milik TNI dan Polri.

Rangkaian acara ditutup dengan pembacaan doa oleh masing-masing perwakilan lintas agama, diantaranya Islam, Kristen, Hindu, Budha, dan Konghuchu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES