Tekno

Awas! Ada Locky saat Download Foto Facebook dan LinkedIn

Selasa, 29 November 2016 - 02:25 | 39.75k
Subscribe TIMES TV KLIK

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Penyerangan Malware kini semakin berkembang pesat, salah satunya dengan menggunakan jejaring sosial menjadi sumber serangan malwarenya. 

Menurut informasi yang dihimpun TIMES Indonesia dari Engadget, malware jenis baru tidak hanya menyerang komputer melalui browser atau eksploitasi berbasis sistem operasi. Tapi, juga mampu memanfaatkan celah dari keamanan Facebook dan LinkedIn. 

Tim peneliti dari perusahaan software, Check Point mengatakan varian malware baru ini bernama Locky. Malware ini bisa memanfaatkan celah dari Facebook dan LinkedIn, melalui pengolahan konten visual  menjadi sebuah serangan. 

Untuk menyerang sebuah komputer, Locky akan memasang trik sehingga browser pengguna mengunduh gambar atau foto dari Facebook atau LinkedIn yang mengandung kode berbahaya.

Jika sudah terunduh, Locky akan langsunga mengakses sistem komputer pengguna dan menguncinya. 

Jika Malware ini terpasang, pengguna tak akan memiliki izin untuk mengakses file-file dalam komputernya kecuali membayar tebusan dalam nominal tertentu. Mekanisme malware ini dinamakan ransomware. 

Masuknya Locky ke sistem jejaring sosial semacam Facebook dan LinkedIn, merupakan hal baru. Sebab,  Locky biasanya seringkali disisipkan pada email berformat Word. Ketika dibuka, email itu ternyata merupakan virus berbahaya.

Oleh karena itu, maka seluaruh pengguna media sosial terutama Facebook dan LinkedIn harus waspada dan segera diantisipasi, terhadap file share, berupa foto ataupun file via facebook ataupun LinkedIn. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES