Tekno

Tahun 1996 Desy Ratnasari Sudah Bikin di 'Tenda Biru'

Senin, 28 November 2016 - 08:24 | 230.14k
Subscribe TIMES TV KLIK

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bagi Anda penggiat media sosial (medsos), seminggu terakhir fenomena Mannequin Challenge pasti menyita perhatian Anda. Itu lho, tantangan mematung kemudian diambil video. Nah, siapa sih yang pertama kali mencetuskan idenya?

Sejak banjirnya pengguna medsos, terutama di situs berbagi video Youtube, ada-ada saja perilaku netizen. Terbaru, video yang dikenal dengan mannequin challenge diunggah, banyak yang langsung mengikuti. Mulai dari politisi, polisi, pemain bola, artis, hingga masyarakat biasa.

Mereka pun ramai-ramai mengunggah di media sosia Youtube. Tren mannequin challenge ini kali pertama di-upload oleh sekelompok siswa di Edward H White High School, Florida, Amerika Serikat. 

ABCNews melaporkan, Jasmine Cavins, penggagasnya, menceritakan ide mannequin challenge itu pada teman-temannya. Di ruang kelas Edward H White High School, seorang murid bernama Emili berjalan ke sisi depan dan tiba-tiba mematung.

Apa yang dilakukan Emili tersebut disadari murid lainnya bernama Alaynah. "Hei, kau seperti maneken," kata Alaynah yang dicontohkan Jasmine. 

Ingin meniru Emili, siswa lainnya turut mematung. Termasuk Jasmine dan Breonna. Nah, seorang siswa lainnya bernama Deryk iseng merekamnya dengan kamera video.

Hasilnya, Jasmine pun iseng mengunggah video mannequin challenge bersama teman-temannya di akun Twitter personalnya pada 27 Oktober lalu. Tak disangka, video itu di-retwit 6.000 kali. Jadilah video itu viral di medsos.

Sejak video itu menjadi viral, banyak yang meniru mannequin challenge ini.

Benarkah siswa siswi Edward H White High School, Florida, Amerika Serikat, yang memulai ide mannequin challenge? Ternyata bukan.

Penelusuran Litbang TIMES Indonesia, ide mannequin challenge juga pernah dilakukan artis Indonesia. Pada 1996, sebuah klip video berjudul Tenda Biru yang dinyanyikan Desy Ratnasari, sudah melakukan mannequin challenge ini.

Dalam video itu, Desy tampak menyanyi di pinggir kolam renang. Banyak orang di kolam renang itu yang beradegan mematung. Namun jika diperhatikan, mata mereka masih sempat berkedip.

Andai saja saat itu medsos sudah menjamur seperti sekarang, mungkin klip video Tenda Biru milik Desy Ratnasari ini sudah populer seperti sekarang ini. Sayangnya era media sosial menjadi milik siswa siswi Edward H White High School, Florida, Amerika Serikat.

Inilah kehebatan media sosial. Jika dimanfaatkan baik akan berakibat baik, jika dimanfaatkan negatif hasilnya akan negatif. Apalagi revisi UU ITE resmi hari ini (28/11/2016) diberlakukan. Anda pun harus hati-hati! (*)

SIMAK: Video Klip "Tenda Biru" milik Desy Ratnasari di bawah ini

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Rifky Rezfany

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES