Peristiwa Daerah

Underwater Photo Hunting Buka Rangkaian Malang Photo Day

Sabtu, 26 November 2016 - 18:27 | 70.69k
Para peserta Underwater Photo Hunting\' berfoto di dalam kolam renang Wendit, Pakis, Kabupaten Malang, Sabtu (26/11/2016). (Foto : Imadudin/TIMES Indonesia)
Para peserta Underwater Photo Hunting\' berfoto di dalam kolam renang Wendit, Pakis, Kabupaten Malang, Sabtu (26/11/2016). (Foto : Imadudin/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Rangkaian festival tahunan Malang Photo Day 2016, Pewarta Foto Indonesia (PFI) Malang bersama komunitas Fotografi se-Malang telah dimulai.

Memasuki tahun ketiga ini, rangkaian Malang Photo Day #3 ini, dimulai dengan even 'Underwater Photo Hunting' yang digelar bersama Malang Underwater Community. Kegiatan bertajuk 'Lakon' ini dilakukan di Kolam Wisata Wendit Malang, Pakis, Kabupaten Malang, Sabtu (26/11/2016).

foto-air-1iJ6pg.jpg

Model dengan konsep jaranan/kuda lumping tampil eksotis dalam hunting lomba foto underwater. Sabtu 26/11/2016. (Foto: Tria Adha/ TIMES Indonesia)

Kordinator acara Underwater Photography, M Joko Apriyo Putro, mengatakan tema 'Lakon' merupakan konsep foto budaya yang dilakukan di bawah air. Konsep ini, menceritakan tentang sebuah lakon jaranan dan romantika dari Ken Dedes dan Ken Arok. 

foto-air-2Yepl2.jpg

Keduanya, merupakan salah satu simbol budaya dan sejarah dari kerajaan Singosari. Acara ini sendiri terdiri dari dua sesi story foto, yang terdiri dari Jaranan atau yang dikenal Kuda Lumping dan Story of Singhasari.

"Kami ingin mengangkat konsep budaya yang diabadikan di bawah air," kata pria yang akrab disapa Apri, pada TIMES Indonesia, Sabtu (26/11/2016).

foto-air-3c8DVz.jpg

Peserta lomba foto underwater tengah melakukan sesi foto model dengan konsep jaranan/ kuda lumping . Sabtu 26/11/2016. (Foto: Tria Adha/ TIMES Indonesia)

Pada sesi pertama ini, seluruh peserta mendapatkan teknik memfoto dalam air, teknik pengampilan nafas, dan cara bertahan di dalam air untuk para pemula. Semua peserta yang hadir nampak antusias mengikutinya. Bahkan di tengah cuaca hujan, banyak fotografer yang tetap serius memfoto model di bawah air sambil menyelam. 

Apri menjelaskan pada even kali, pihaknya ingin memperkenalkan foto jenis underwater pada seluruh kalangan. Karena itu, ia tak membatasi kriteria peserta. "Ini sifatnya umum, jadi kami juga berbagi ilmu bagi peserta yang baru ikut pertama kali," tambahnya.

foto-air-44n5cP.jpg

Sementara itu, untuk foto sesi kedua nantinya akan digelar pada 9 Deaember 2016, dengan konsep Story of Singhasari. 

Apri menambahkan, pihaknya bukan hanya sekedar  berbagi ilmu, tapi juga melombakan foto underwater. Setiap perserta yang hadir di setiap sesi diperbolehkan mengirim satu hasil karyanya untuk dilombakan. 

Lima karya terbaik dari dua sesi ini, aakan dipamerkan dalam Pameran Malang Photo Day #3, yang berlangsung 9 hingga 12 Desember 2016, di Plaza Araya lantai 2. Sedangkan 3 foto terbaik akan mendapatkan hadiah uang pembinaan dan produk dari sponsor. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES