Peristiwa Nasional

Mendikbud: Ayo Persembahkan Impian untuk Indonesia

Sabtu, 26 November 2016 - 16:27 | 24.53k
Menteri pendidikan dan kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy saat menghadiri acara wisuda di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). (Foto: Istimewa)
Menteri pendidikan dan kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy saat menghadiri acara wisuda di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). (Foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, MALANG – Menteri pendidikan dan kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, memberikan semangat kepada para wisudawan di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Pasalnya, generasi muda harus mempersembahkan impian terbaiknya untuk Indonesia.

Hal itu disampaikan Muhadjir dalam pidatonya mewakili Pimpinan Pusat Muhammadiyah di acara Wisuda Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ke-82 yang berlangsung Sabtu (26/11/2016).

Menurut Muhadjir, kelebihan UMM adalah kultur kemandirian yang dimilikinya. "Sejak kelahirannya, UMM selalu bisa menentukan masa depannya tanpa ketergantungan pada negara," katanya.

Kultur itulah kata Rektor UMM pada 2000-2015 itu, yang perlu dimiliki lulusan UMM. Dia juga berpesan, kepada wisudawan-wisudawati, dengan mengutip pepatah Arab yang bermakna, apa yang terjadi hari ini adalah mimpi hari kemarin. 

"Untuk itu, tugas saudara adalah membangun impian untuk masa depan. Ayo persembahkanlah impian Anda untuk kepentingan bangsa yang kita cintai ini."

Dalam kesempatan itu, Malik Fadjar juga turut memberi nasehat agar lulusan UMM mengingat petuah pendiri Muhammadiyah KH Ahmad Dahlan.

Petuah pendiri Muhammadiyah itu katanya, pertama, jadilah ulama atau orang-orang berilmu yang bermanfaat bagi masyarakat. 

Muhajir-EffendiCjhTW.jpg

Kedua, jangan berhenti mengikuti kemajuan dan perkembangan zaman. "Dan yang terpenting, jangan merasa lelah mengabdi pada bangsamu," pungkasnya.

Diketahui, pada gelaran wisuda kali ini, wisudawan terbaik S1 diraih Rohil Salsabiila dari Prodi Ilmu dan Teknologi Pangan dengan IPK 3,97 dan terbaik jenjang D3 diraih Elailatul Fitria dari Prodi Keuangan dan Perbankan dengan IPK 3,84.

Sementara untuk terbaik S2 adalah A Yusuf Kholil dengan IPK 3,98 dan terbaik S3 diraih lulusan asal Singapura, Mohd Amin bin Kadir dengan nilai disertasi 85,3. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES