Indonesia Positif

Ini Usulan Branding City Kabupaten Malang, Mana Yang Pas Ya?

Kamis, 24 November 2016 - 23:52 | 78.14k
Susana FGD di Pendopo Pelataran Pantai Balekambang. (foto: ajp timesindonesia)
Susana FGD di Pendopo Pelataran Pantai Balekambang. (foto: ajp timesindonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Komunitas Pecinta WIsata Kabupaten Malang menggelar Focus Group Discusion (FGD) di Pendapa Pantai Balekambang, Kabupaen Malang, Jatim. Mereka mencari format dan bentuk city branding untuk Kabupaten Malang.

FGD yang didukung Dinas Pariwisata Kabupaten Malang ini dihelat Kamis (24/11/2016). Hadir dalam acara ini Imam Fauzi Surahmat, S AB, M.AB dari LSI dan TIMES Indonesia.

 Dalam paparannya, Fauzi mengatakan bahwansya Kabupaten Malang sebagai kabupaten terluas kedua di Jatim setelah Banyuwangi, punya potensi luar biasa. Mulai dari bentang pantai yang panjang, luasan daerah agraris yang sangat besar, pegunungan, hingga potensi sejarah, dimiliki.

"Potensi ini bisa membuat Kabupaten Malang punya city brandig yang kuat dan ikonik, sehingga bisa semakin membawa pada arah yang positif potensi wisata Kabupaten Malang,'' ujarnya.

Beberapa usulan menarik mewarnai perjalanan FGD yang diikuti oleh komunitas mahasiswa pecinta wisata ini. Ada usulan Malang is Great. "Ini merujuk pada besarnya potensi di Malang, mulai dari luasan geografis dan segala potensi besar lainnya,'' ujar Fauzi.

Sementara, Andi, mahasiswa FISIP UB asal Bandung, menyampaikan bahwa saat ini cara memasarkan wisata Kabupaten Malang harus terus dilakukan. "Saya mengusulkan sebuah branding untuk Kabupaten Malang dengan nama The Beginning of Indonesia. Mengingat Malang memiliki kekayaan histori awal muasal kerajaan besar di Indonesia,'' ucapnya. 

Tasya lain lagi. Mahasiwa jurusan Ilmu Kelautan UB ini menyampaikan bahwa top of mind saat mendengar Kabupaten Malang adalah kota apel. Namun tetapi branding tersebut masih kental dengan Kota Batu.

"Potensi laut yang seharusnya digarap. Misalnya, jika event petik laut bisa dibikin even yang serius dan reguler dengan melibatkan media yang masif, tentu akan berdampak positif bagi Kabupaten Malang,'' ujarnya.

Sementara, mahasisawa jurusan PWK UB asal Bali, Gede Bintang, mengusulkan branding yang menarik, "The Majestic Malang". Sedang Rido, mahasiswa asal Situbondo, mengusulkan The Complete of Java." (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES