Peristiwa Daerah

Noura Ryacudu Kampanyekan Program Deteksi Dini Kanker di Palembang

Jumat, 25 November 2016 - 07:39 | 25.32k
OASE saat kunjung SMA 1 Palembang (Foto : Istimewa)
OASE saat kunjung SMA 1 Palembang (Foto : Istimewa)

TIMESINDONESIA, PALEMBANG – SMAN 1 Palembang, Sumatera Selatan, kedatangan team Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja  (OASE) dalam rangkaian Kegiatan “Gerakan Nasional Pekan Deteksi Dini Kanker Serviks  Bagi Guru di Seluruh Indonesia”, Kamis (24/11/2016).

Gerakan Nasional deteksi ini kanker serviks dan kanker payudara diharapkan dapat mengurangi penyakit kanker serviks yang menyerang wanita di Indonesia. Setiap tahun, ada 1,4 juta wanita di dunia dan sekitar 80 persen khususnya wanita di Indonesia  terdeteksi kanker leher rahim.

Untuk di Palembang, kegiatan ini dihadiri oleh Istri dari Menteri Pertahanan Noura Tristyana Ryacudu;  Ir. Dr. Ratna Megawangi, M.Sc, istri dari  mantan Menteri Perekonomian, dan Ketua PKK Sumatera Selatan Hj. Eliza Alex Noerdin serta lainnya.

OASE  yang dibina oleh Iriana Joko Widodo dan Mufidah Jusuf Kalla adalah, sebuah perkumpulan para pendamping menteri dan unsur eksekutif lain untuk memberikan upaya dan revolusi mental masyarakat Indonesia.

Noura Tristyana mengatakan, sangat pentingnya wanita melakukan deteksi kanker serviks sejak dini karena di Indonesia, angka kematia akibat kanker rahim dan kanker payudara cukup tinggi.

Noura juga  meminta guru dapat berperan serta dalam menyebarluaskan akan pentingnya deteksi dini kanker leher rahim dan payudara kepada para siswa.

"Dengan gerakan deteksi dini, diharapkan nantinya dapat mewujudkan wanita Indonesia yang sehat dan produktif," katanya.

Noura menambahkan program deteksi  dapat dilakukan dengan metode Inspekasi Visual Asam Aseta (IVA) untuk kanker leher rahim dan pemeriksaan kanker payudara secara klinis. “Program ini murah namun besar manfaatnya,” ucap Noura

Sementara, Ketua PKK Sumsel Eliza Alex mengatakan dalam menyambut Hari Guru Nasional  tim OASE  bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan dan Kementerian Pendidikan menggelar berbagai kegiatan untuk melakukan deteksi dini kanker serviks dan kanker payudara.

Harapannya, akan lebih banyak lagi perempuan usia produktif yang melakukan pemeriksaan deteksi dini IVA dan pemeriksaan payudara secara klinis (SADANIS) sehingga dapat menurunkan penderita kanker serviks dan kanker payudara di Indonesia khususnya Provinsi Sumsel. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES