Tekno

Perluas Internet di Indonesia, CEO Facebook Tawarkan Solusi Drone

Rabu, 23 November 2016 - 17:06 | 20.25k
CEO Facebook, Mark Zuckerberg (kiri) saat berjumpa Menperin Airlangga Hartarto (kanan) (Foto:bisniscom)
CEO Facebook, Mark Zuckerberg (kiri) saat berjumpa Menperin Airlangga Hartarto (kanan) (Foto:bisniscom)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto mengungkapkan jika CEO Facebook, Mark Zuckerberg menawarkan solusi untuk menambah jaringan internet di daerah terpencil Indonesia dengan menggunakan bantuan pesawat tanpa awak (drone) rancangan mereka.

Menurut Menperin yang berjumpa Zuckerberg usai menghadiri APEC Business Advisory Council di Lima, Peru, bantuan Facebook itu dimaksudkan demi mendorong pertumbuhan industri kecil dan menengah (IKM) di tanah air.

"Indonesia harus beradaptasi dengan cepatnya perkembangan teknologi agar tidak tertinggal, dengan terus menciptakan inovasi dan kreativitas yang berkelanjutan," ucapnya. 

Airlangga juga menyatakan jika sebelumnya Wakil Presiden Jusuf Kalla pun sempat berdialog dengan Zuckerberg usai menghadiri acara yang digelar Sabtu (19/11/2016) itu. Keduanya membahas mengenai konektivitas internet di Indonesia.

Menurutnya, program konektivitas yang dikembangkan Facebook bisa memadukan pembangunan perekonomian secara keseluruhan. Hal ini sesuai tema APEC tahun ini, yang menekankan pada kesetaraan pertumbuhan ekonomi.

Menperin sendiri sudah kerap menyampaikan jika saat ini seluruh dunia sedang bertransformasi untuk menyambut revolusi industri ke-4. Dikenal dengan istilah Industry 4.0, era ini menekankan kolaborasi proses manufaktur dengan dunia digital, khususnya dengan platform Internet of Things.

Ia meyakini Industry 4.0 bertujuan untuk mencari langkah lebih efisien dan optimal sehingga proses produksi bisa mencapai output maksimal.  "Oleh karena itu, Kemenperin tengah mengkaji beberapa industri yang memungkinkan untuk dikembangkan sebagai pionir bagi perkembangan Industry 4.0 di Indonesia," ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES