Peristiwa Daerah

Konsumsi Ikan Rendah, DKP Tabur Benih di Sumber

Rabu, 23 November 2016 - 16:24 | 25.24k
Pelajar ikut menabur puluhan ribu benih ikan di Sumber Mata Air Sentong (foto: Istimewa)
Pelajar ikut menabur puluhan ribu benih ikan di Sumber Mata Air Sentong (foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Probolinggo, Jawa Timur menabur puluhan ribu benih ikan di Sumber Mata Air Sentong dan Kali Legundi, kota setempat, Rabu (23/11/2016). Benih ikan yang disebar terdiri dari 18.134 ikan nila, 10 ribu ikan tombro, dan 10 ribu ikan lele.

Kepala DKP, Budi Krisyanto mengatakan, penaburan benih dilakukan untuk mendorong masyarakat agar peduli pada kelestarian sumber mata air. Juga untuk mendorong agar masyarakat gemar makan ikan.

"Karena konsumsi ikan di Kota Probolinggo masih di bawah target nasional," katanya.

Target nasional adalah 41 kilogram per kapita per tahun, sedangkan konsumsi di Kota Probolinggo masih 32,6 kilogram per kapita per tahun.

Karena tujuan itu, penaburan benih juga melibatkan Badan Lingkungan Hidup (BLH), pelajar SMKN 1, kelompok masyarakat pengawas (pokmaswas), serta sejumlah warga sekitar lokasi sumber.

Budi menyatakan, kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi ikan perlu terus ditumbuhkan. Sebab produksi ikan di Kota Probolinggo melimpah. Sepanjang tahun 2015, produksi ikan sebesar 462 ton lebih. Terdiri dari produksi ikan tangkap sebesar 15.031,33 ton dan produksi ikan tawar sebesar 447.483 ton.

"Angka itu cukup untuk meningkatkan konsumsi ikan warga Kota Probolinggo sesuai target nasional," ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES