Peristiwa Nasional

Anggaran Terbatas, Kemenhub Tawarkan Proyek Transportasi ke Swasta

Jumat, 18 November 2016 - 16:14 | 41.57k
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (Foto: harianterbit)
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (Foto: harianterbit)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kementerian Perhubungan berencana menawarkan sejumlah proyek transportasi strategis kepada pihak swasta, terutama karena terbatasnya anggaran pembangunan sektor transportasi yang dialokasikan pemerintah melalui APBN.

Beberapa proyek transportasi yang diusulkan dapat dibiayai melalui skema pendanaan alternatif selain APBN itu, di antaranya adalah pengembangan Terminal Mengwi di Badung-Bali, Terminal Tirtonadi Solo dan pembangunan angkutan masal perkotaan.

Sementara untuk perkeretaapian, Menhub mengajukan antara lain KA Express Line Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), KA Akses Bandara Adi Sumarmo Solo, KA Kertapati-Simpang-Tanjung Api-Api dan Kereta Cepat/High Speed Train (HST) Jakarta-Surabaya.

Sedangkan transportasi laut diajukan pembangunan Pelabuhan Kuala Tanjung dan transportasi udara adalah pembangunan Bandara Karawang dan Bandara Bali Baru.

Menurut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, pilihan untuk menawarkan pembangunan proyek kepada swasta dilakukan karena pemerintah ingin mempercepat pembangunan dan pengembangan infrastruktur transportasi.

"Dengan demikian, ketergantungan kepada APBN tidak dapat dipertahankan. Oleh karena itu, Kementerian Perhubungan meningkatkan peran swasta dan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) dalam pembangunan sektor transportasi," tegasnya.

Dengan peran lebih besar diberikan kepada swasta, Budi menegaskan jika pihaknya tinggal melakukan penguatan atas fungsi Kemenhub sebagai regulator. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Setkab

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES