Indonesia Positif Indonesia Membangun

Fungsi Think Tank di BAPPENAS Perlu Diperkuat

Rabu, 16 November 2016 - 11:09 | 92.97k
Dr. Guspika, Senior Fellow PAK Bappenas (Foto: ajp. TIMES Indonesia)
Dr. Guspika, Senior Fellow PAK Bappenas (Foto: ajp. TIMES Indonesia)
FOKUS

Indonesia Membangun

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pusat Analisis Kebijakan (PAK) BAPPENAS adalah embrio think tank pemerintah didisain untuk memperkuat fungsi, menjembatani pengetahuan (berdasarkan penelitian dan bukti) untuk menjadi kebijakan pemerintah. 

Demikian disampaikan Dr. Guspika, senior non-permanent fellow PAK tentang sejarah PAK BAPPENAS pada semiloka 'Pemetaan Think Tank dan Peluang Kegiatan Kolaborasi' yang diselenggarakan di Hotel Morrissey Jakarta.

"Penguatan fungsi think tank ini menyangkut informasi yang berbentuk penelitian dan bukti (research and evidence based), relasi atau hubungan antar lembaga, dan sistem perencanaan yang berbasis bukti atau penelitian," tambah perencana senior yang sekarang menjabat sebagai Kepala Biro SDM Bappenas ini.

"Catatan penting untuk PAK adalah budaya think tank yang menyangkut 5 hal. Egaliter, kolegial, persaudaraan, berpikir (scholar), dan semi informal. Jadi budaya lembaga think tank itu semacam university without student".

"Sedangkan kepemimpinan di lembaga think tank lebih kepada seseorang yang bagus dalam komunikasi, jaringan kerja, dan manajer yang fasilitator," pungkas doktor bidang manajemen publik UGM yang juga sebagai koordinator kelompok kerja kelembagaan PAK ini.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES